Bupati Banggai Hadiri Rakor Sinergitas Antar Pemda Kawasan Timur Indonesia

Sambutan saat rakor di Hotel Santika Palu, Sulteng, Senin (21/11/2022). (Foto: PROKOPIM)

BANGGAINEWS.COM- Bupati Banggai H. Amirudin menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Sinergitas Antar Pemerintah Daerah di Kawasan Timur Indonesia “Konektivitas Antar Wilayah se Kawasan Timur Indonesia Menuju Ibukota Negara Baru Nusantara”, di Hotel Santika Palu, (Senin, 21 November 2022).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, dan dibuka secara langsung oleh Plt. Sekretaris Daerah Prov. Sulteng Dr. Rudi Dewanto, SE, MM (mewakili Gubernur Sulawesi Tengah).

Kepala Bappeda Prov. Sulteng Dr. Ir. CH. Shandra Tobondo, MT selaku panitia penyelenggara menyampaikan bahwa salah satu tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini diantaranya memahami bersama tentang potensi dan peluang sekaligus hambatan dan tantangan sebagai wilayah mitra IKN dalam mendukung berdirinya ibukota nusantara.

BACA JUGA:   Sepasang Bukan Suami Istri Kembali Diamankan di Penginapan Kota Luwuk Banggai

Pada kesempatan yang sama, Sekdaprov. Sulteng dalam sambutannya mengyampaikan bahwa perpindahan ibukota Nusantara merupakan upaya transformasi menuju negara maju untuk kemajuan, kejayaan dan peradaban baru Indonesia.

“Visi ibukota Nusantara adalah “Kota Dunia Untuk Semua”, tegasnya.

BACA JUGA:   Dua Pria Teribat Duel, 15 Kantong Miras Cap Tikus Diamankan Polisi di Tolbar Banggai

Visi Ibukota Nusantara, lanjut Plt. Sekdaprov, menegaskan bahwa, pembangunan/pengembangan IKN dengan berstandar global. Menjadi mesin penggerak bagi Kalimantan, dan menjadi pemicu, penguatan rantai nilai domestik diseluruh kawasan timur Indonesia.

“Visi IKN tidak hanya peradaban baru masyarakat yang akan tinggal di Ibu Kota Nusantara dimasa depan, tetapi juga kondisi lingkungan yang akan dipulihkan dan dilestarikan (Sesuai kaidah pembangunan berkelanjutan Perpres RI No. 63 tahu n 2022 tentang rincian rencana induk Ibu Kota Nusantara)”, Terangnya.

BACA JUGA:   Dua Pria Teribat Duel, 15 Kantong Miras Cap Tikus Diamankan Polisi di Tolbar Banggai

Turut hadir seluruh Bupati/Wali Kota se-Sulawesi Tengah, Kepala Bappeda se Provinsi Sulteng, Pimpinan OPD terkait se Sulteng, serta tamu undangan penting lainnya.

(CR1/*)

Dapatkan informasi lainnya di Googlenews, klik: Banggai News

%d blogger menyukai ini: