DPRD Banggai Dorong Program Anggota DPD RI MJW Jadikan Sulteng Serambi Haramain dan Lumbung Ikan Nasional

BANGGAINEWS.COM- Salah satu anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang dilahirkan Provinsi Sulteng Muhammad J Wartabone (MJW), mendorong Sulteng untuk menjadi Serambi Haramain (Serambi Mekkah dan Madinah).

Hal itu diungkapkan MJW saat melakukan silaturahmi ke Kabupaten Banggai bertempat di Graha Dongkalan yang telah berganti nama menjadi Graha Pemda Kabupaten Banggai, Rabu (11/5/2022).

Adapun subtansi silaturahmi MJW masing-masing terkait Hasil Seminar Nasional Islam Tertua Nusantara Indonesia oleh Imam Sya’ban 168 H/792 M di Banggai Sulteng. Di mana sejarah lebih lengkapnya disampaikan oleh Hariadi Said sebagai Peneliti 15 tahun yang kini Dosen Sejarah Untad selama 22 tahun.

Kemudian terkait UU IKN, ia mengajak, untuk mari sama-sama kita dorong Sulteng sebagai Lumbung Ikan Nasional. Terakhir terkait PP tentang pengelolaan keuangan daerah terkait dana hibah. Rumah ibadah tidak bisa dibantu jika tidak dibuatkan badan hukumnya berbentuk Yayasan. Oleh sebab itu, MJW mendorong untuk semua dibuatkan Yayasan. Sehingga, bisa berhak mendapatkan bantuan dana hibah.

Ia mengatakan, meski lembaga DPD RI cuma namanya yang besar namun fungsinya kecil. Karena fungsi kami hanya pengawasan pelaksanaan UU dan memfasilitasi aspirasi Pemda. Akan tetapi, dirinya telah berkomitmen atau berniat untuk berbuat sesuatu yang dapat bermanfaat untuk daerah Sulteng yang diwakilinya.

“Dengan tema Silaturahim karena latar belakang saya adalah santri yang 11 tahun berada di pesantren. Saya mendorong Sulteng untuk menjadi Serambi Haramain (Serambi Mekkah dan Madinah),” ujarnya.

Arti serambi haramain, sambung MJW adalah sebuah identitas yang tidak hanya bicara Islam tertua. Namun juga Kristen, dan agama-agama lainnya. Karena hakikat orang Islam harus mampu menggembirakan kepada semua orang atau umat agama apapun.

“Seiring dengan telah ditetapkannya UU terkait IKN di Kalimantan Timur. Karena Sulteng menjadi daerah penyangga terdekat maka di pada tahun 2023 nanti kita akan deklarasikan Sulteng Serambi Haramain,” ungkapnya.

Agenda acara silaturahmi MJW dibuka secara resmi oleh Ketua Komisi 1 Irwanto Kulap mewakili unsur pimpinan DPRD Kabupaten Banggai Ketua Suprapto, Wakil Ketua (Waket) 1 Batia Sisilia Hadjar dan Wakil Ketua 2 Samsulbahri Mang.

Dan dihadiri anggota DPRD, Sekretaris Dewan (Sekwan) Fery Sujarman dan jajaran beserta staf Sekretariat DPRD Kabupaten Banggai, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh pemuda, perwakilan ormas, dan lainnya.

Ditemui usai acara, Sekwan Fery menyatakan pendapatnya bahwa DPRD Banggai berkomitmen untuk turut mendorong program-program yang disampaikan anggota DPD RI Muhammad J Wartabone. Termasuk diantaranya makam-makam para penyiar agama Islam maupun tokoh adat khususnya yang ada di Kabupaten Banggai, untuk dijadikan cagar budaya. Yaitu dengan menyampaikannya lebih lanjut ke instansi terkait untuk mengalokasikan anggaran.

(SOF)

Dapatkan informasi lainnya di Googlenews, klik: Banggai News

%d blogger menyukai ini: