BANGGAIDAERAHNEWS

Beri Stimulus Bantuan Bibit, Bupati Banggai Harapkan Kelompok Tani Dapat Meningkatkan Taraf Hidup Keluarga

BANGGAINEWS.COM- Bupati Banggai Ir. H. Amirudin menghadiri acara penyerahan bibit tanaman pala kepada kelompok tani di Kecamatan Luwuk Utara, Senin (4/10/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan di kantor Desa Awu, Kecamatan Luwuk Utara. Turut hadir Wakil Ketua I DPRD Banggai Bathia Sisilia Hadjar, Plt. Kadis TPHP Djamhar Basir, Sekcam Luwuk Utara Pardi M. Amir, Kepala Desa Awu Efendi Lodik, Kepala Desa Bunga Syahrudin Timpo, serta masyarakat dan para kelompok tani Desa Awu dan Desa Bunga.

Adapun jumlah bibit pala yang di serahkan kepada 1 kelompok tani Desa Awu sebanyak 1.500 bibit pala dan kepada 2 kelompok tani Desa Bunga sebanyak 5000 bibit pala.

“Kegiatan ini adalah komitmen kita bersama antara DPRD dan Pemerintah Kabupaten Banggai. Bibit yang diserahkan ini gratis, jangan sampai ada yang minta bayaran, karena banyak bantuan-bantuan yang diberikan kepada masyarakat akhirnya di bayar, seperti yang saya temukan tentang bangunan yang tidak layak huni dari Dinas Perkimtan,” ucap Bupati.

BACA JUGA:   Perhatian! Keluarga Korban Kecelakaan di Halimun Harap Sopir Truk Sampah di Hukum Berat, Ini Alasannya!

Bupati Amirudin berharap, ketua dan anggota kelompok bersinergi sehingga bantuan yang diberikan bermanfaat dalam meningkatkan taraf hidup. “Banyak kami temukan kelompok tani misalnya sapi, saat diserahkan bantuan sapi 10 ekor kepada kelompok,
cuma ketua kelompoknya yang ada, anggotanya tidak ada alias fiktif. Ini yang tidak kami harapkan, jangan ada yang seperti ini kedepan,” tegasnya.

Oleh sebab itu, kata Amirudin, meminta kepada seluruh kepala OPD apabila ada penyerahan bantuan agar mengundangnya bersama Wabup. “Kami ingin tahu yang mana kelompoknya dan mana orang-orangnya, kerena yang terjadi terdahulu sampai saat ini belum pernah saya mendengar bantuan Pemerintah khususnya Sapi, Ayam dan Ternak lainnya itu berhasil, menjadi contoh dan bisa besar. Sebenarnya ini yang kita harapkan. Kelompok itu bisa berhasil dengan stimulus atau bantuan dari Pemerintah, bukan sebaliknya,” jelasnya.

BACA JUGA:   Puluhan Murid TK Kemala Bhayangkari Sambangi Satlantas Polres Banggai

Apabila bantuan bibit pala ini berhasil kedepan, Pemerintah akan jadikan percontohan untuk kelompok-kelompok seluruh Kabupaten Banggai. Serta akan mencarikan buyer atau pembeli hasil perkebunan di indonesia, sehingga bisa dilirik.

“Saya menghimbau untuk para ibu-ibu agar memanfaatkan pekarangan yang ada, kita punya program itu di anggaran perubahan sesuai visi-misi kami yaitu 1 juta 1 pekarangan, terakhir saya ucapkan terima kasih kepada ibu Wakil Ketua I DPRD, yang bisa sejalan dengan visi-misi yang telah kami canangkan melalui pokir Anggota DPR mendukung program prioritas kami,” tutup Bupati.

BACA JUGA:   Mobil Pick Up 'Adu Banteng' di Jembatan Perbatasan Nuhon-Bunta Banggai Berbuntut Kebakaran

Setelah sambutan Bupati kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis bibit pala oleh Bupati Banggai dan Wakil Ketua I DPRD kepada perwakilan masing-masing kelompok dari ketiga desa tersebut.

(RED/*)