BPK Sulteng Ekspose LHP LKPD Banggai Tahun 2020

BANGGAI NEWS

BANGGAINEWS.COM- Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulawesi Tengah (Sulteng) kabarnya mengagendakan ekspose laporan hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Perangkat Daerah (LKPD) tahun anggaran tahun 2020, Rabu (28/4/2021).

Ekspose tersebut menurut informasi dari dua pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) kepada media ini saat dipelataran parkir kantor Bupati Banggai, Rabu sore kemarin. Bahwa akan dilaksanakan di Rumah Jabatan (Rujab) Wakil Bupati Banggai di kawasan Bukit Halimun, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai.

Dimana sambung mereka, ekspose BPK RI Perwakilan Sulteng mengundang kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai. Hanya saja, mereka juga tak mengetahui persis OPD apa saja yang diundang.

“Tapi saya kira OPD yang akan diundang tentu OPD yang ada temuan. Dan biasanya memang masih digelar tertutup,” ujar ASN berbadan subur yang menjabat Kabid di salah satu OPD itu.

Sekedar untuk diketahui, tujuan dilaksanakannya ekspose atas LHP BPK antara lain tujuannya agar OPD dapat mengantisipasi terjadinya temuan berulang atas pengelolaan keuangan tahun anggaran 2020 atau tahun-tahun sebelumnya.

BPK dalam melakukan audit rinci atas LKPD Kabupaten Banggai selain memberikan opini atas Laporan Keuangan, juga melakukan pengujian Sistem Pengendalian Internal (SPI) dan Kepatuhan atas peraturan perundang-undangan.

Oleh sebab itu, menjadi kewajiban Pemkab Banggai melalui Inspektorat untuk menindaklanjuti apa yang menjadi temuan BPK.

Dan menyelesaikan tindaklanjut adalah sebuah kewajiban bagi para auditor Inspektorat sesuai yang diamanatkan dalam Undang-Undang (UU) Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggungjawab Keuangan Negara. (SOF)

Tinggalkan Komentar