BANGGAIDAERAHNEWS

Grafik Stunting di Banggai Terus Menurun, Bupati: Sesuai Target Presiden, Angka Stunting Harus 14 Persen di 2024!

BANGGAINEWS.COM– Sejak tahun 2017 sampai dengan 2021, Berdasarkan survei Status Gizi Indonesia, angka stunting di Kabupaten Banggai terus mengalami penurunan 1 persen hingga 2 persen setiap tahunnya.

Fakta tersebut disampaikan Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin saat memberikan sambutan pada kegiatan pembukaan Rapat Koordinasi Stunting dalam rangka penilaian kinerja aksi penurunan stunting kabupaten/kota se-Sulawesi Tengah, di Hotel Swiss-Belinn, Kelurahan Maahas, Kecamatan Luwuk Selatan, pada Senin (13/6/2022).

Sulawesi Tengah, Bupati Banggai melanjutkan, berada pada angka 29,7 persen, sedangkan Kabupaten Banggai sendiri masih berada di angka 26 persen.

“Kita masih memiliki PR untuk menurunkan angka stunting sesuai target pemerintah pusat, yaitu 14 persen pada tahun 2024, dimana stunting harus turun 4 setiap tahun,” sambung beliau.

BACA JUGA:   Kekosongan Kabag Administrasi Pembangunan Setdakab Banggai Telah Terisi, Siapa Dia Plt?

Dengan demikian, Ir. H. Amirudin meminta semua pihak agar terus berupaya dengan sekuat tenaga melakukan konvergensi supaya program dan kegiatan lintas sektor tepat sasaran pada keluarga yang berisiko stunting tinggi.

Bupati Banggai kemudian meminta kepada para tim penilai dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah untuk dapat memberikan saran dan masukan, apabila kinerja yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Banggai masih kurang dan perlu ditingkatkan.

Kegiatan dirangkaikan dengan peluncuran program “Ayah dan Ibu Asu”, dimana Bupati dan Wakil Bupati Banggai serta para pejabat dan pimpinan organisasi daerah akan dilibatkan langsung dalam membantu keluarga kurang mampu yang memiliki risiko kekurangan gizi.

BACA JUGA:   Surat Teguran DLH Banggai Kepada PT Prima Belum Jelas Tindaklanjutnya

Usai pembukaan, Ir. H. Amirudin bersama tim panelis dan tim peninjau dari Kabupaten Tojo Una-Una kemudian meninjau setiap stand Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melihat sejauh mana kontribusi setiap instansi dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Banggai. Lalu proses penilaian dilanjutkan dengan tanya jawab terkait data dan program kerja oleh tim panelis kepada para pimpinan OPD dan stakeholder terkait.

BACA JUGA:   Dinsos Banggai Validasi Data Calon Penerima BANTU dan BLT-BBM, Asisten Nur: Tak Boleh Ada Pemotongan dan Manipulasi

Turut hadir pula, Ketua TP-PKK Banggai, Hj. Syamsuarni Amirudin, SE., MM beserta jajaran, Ketua TP-PKK Kabupaten Tojo-Una-Una, Femi Luther Lahay, SKM para pimpinan OPD lingkup Pemkab Banggai, pimpinan organisasi profesi, pimpinan BUMN dan BUMD, instansi vertikal dan perguruan tinggi.

(SOF/*)