Masukan Upaya Pemeriksaan Diperketat Disahuti Jubir Tim Gugus Tugas Banggai

Masukan Upaya Pemeriksaan Diperketat Disahuti Jubir Tim Gugus Tugas Banggai

BANGGAINEWS.COM- Jumlah warga Kabupaten Banggai yang terkonfirmasi Corona Virus Disease-2019 (Covid-19) sampai dengan hari ini, menurut pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banggai yang diwakili salah satu Kepala Bidang (Kabid), Nurmasita Datu Adam, bahwa sudah 1000 lebih. Angka tersebut menunjukkan bahwa terus mengalami peningkatan.

Padahal, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Banggai melalui Tim Gugus Tugas Covid-19 mengklaim telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Akan tetapi, tak sedikit pula pihak yang menilai bahwa upaya yang dilakukan masih relatif kurang serius. Buktinya, upaya pencegahan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan bagi pendatang maupun warga Kabupaten Banggai usai berpergian keluar daerah, tepatnya di pintu-pintu masuk seperti melalui jalur darat dan jalur laut yaitu pelabuhan masih tetap terbilang longgar.

Hal itu berbeda dengan yang dirasakan ketika warga dari Kabupaten Banggai hendak masuk ke daerah tujuan, sebut saja ke Kabupaten Banggai Laut (Balut) dan Kota Palu yang menjadi ibu kota Provinsi Sulteng. Dimana tetap harus melalui pemeriksaan secara ketat.

Nurmasita yang juga merupakan Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Banggai menanggapi hal itu mengatakan, bahwa Pemda sebenarnya sudah banyak melakukan upaya pencegahan. Termasuk dengan menerbitkan beberapa ketentuan aturan.

Seperti Surat Edaran (SE) Bupati melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) tentang Perubahan Tata Kerja. Bahkan sudah ada Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 33 Tahun 2020 yang didalamnya sudah ada ancaman sanksi. Yaitu berupa teguran dan lainnya. Namun memang ancaman sanksi denda uang yang belum.

“Hanya saja, kita memang punya batasan-batasan. Untuk upaya pencegahan di pintu-pintu masuk seperti Pelabuhan dan Bandara, itu menjadi ranahnya di KKP. Meski begitu kapan KKP minta kesediaan Pemkab Banggai untuk membantu, intinya kami siap saja,” ujar Kabid Nurmasita saat mewakili Kadinkes Banggai menghadiri agenda kegiatan Kampanye Peningkatan Kewaspadaan Transmisi Lokal Penyebaran Covid-19 terhadap kalangan wartawan di Kantor Sekretariat PWI Banggai, Kamis siang tadi.

Sementara itu, Lurah Bungin, Muhtar Kantu saat menghadiri undangan agenda kegiatan tersebut menyatakan, sangat mengapresiasi apa yg telah dilakukan PWI Banggai. Apalagi, pada momen HPN dan HUT PWI Ke 75 tahun ini Bupati Banggai mendapatkan anugerah atau penghargaan dari PWI Pusat.

Hanya saja saat itu usai dirinya menceritakan pengalamannya ketika melakukan perjalanan dinas ke Palu. Dimana ungkap Lurah Muhtar, pemeriksaan di pintu masuk Kota Palu tepatnya Tawaeli pemeriksaan sangat ketat. Tak demikian saat balik dan memasuki wilayah Kabupaten Banggai.

Olehnya, ia memberikan masukkan ke Tim Gugus Tugas Covid-19 untuk salah satunya mengaktifkan kembali Pos Pemeriksaan, Desa Bunga, Kecamatan Luwuk Utara.

Hal itu disahuti Jubir Nurmasita dengan mengungkapkan, bahwa pihaknya memang sangat membutuhkan masukan-masukkan dan suport dari semua pihak. Termasuk dari para awak media.

“Terima kasih atas masukkan Lurah Bungin. Masukkan tersebut akan kami sampaikan lebih lanjut ke pimpinan,” tutupnya. (SOF)

Tinggalkan Komentar