BANGGAIDAERAHNEWS

Objek Wisata Tanjung Donggulalu Diresmikan, Semoga Dapat Tingkatkan Taraf Hidup Ekonomi Masyarakat Desa Tombos Banggai & Sekitarnya

Asisten Nurjalal wakili Bupati Banggai saat gunting pita peresmian objek wisata Tanjung Donggulalu Desa Tombos, Balantak Selatan, Sabtu (5/11/2022). (Foto: PROKOPIM)

BANGGAINEWS.COM- Asisten I Administrasi Pemerintah dan Kesra Setda Kabupaten Banggai Hj Nurjalal, SH wakili Bupati Banggai menghadiri sekaligus meresmikan Objek Wisata Tanjung Donggulalu, Desa Tombos, Kecamatan Balantak Selatan, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulteng, Sabtu 5 Nopember 2022.

Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai Bidang Destinasi Pariwisata, Pemerintah Kecamatan Balantak Selatan, serta Pemerintah Desa Tombos.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kadis Pariwisata beserta jajarannya , CaMat Balantak Selatan bersama unsur FORKOPIMCAM Balantak Selatan , Kapolsek Balantak Selatan , Danramil Balantak Selatan , Koordinator Penyuluh SeKecamatan Balantak Selatan , Ketua TP-PKK Kecamatan balantak Selatan , Kepala Desa TOMBOS , Para Kepala Desa , Pengurus BPD , LPMD , Para Kepala Sekolah , tokoh agama , tokoh Masyarakat , tokoh adat , tokoh pemuda , ketua dan panitia Pilkades Sekecamatan Balantak Selatan , Serta Hadirin Undangan yang sempat hadir.

Asisten I Administrasi Pemerintahan & Kesra Hj.NURJALAL.SH dalam membacakan sambutan tertulis Bupati Banggai Mengatakan Pada Kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada camat balantak selatan beserta jajarannya dan semua pihak terkait , yang telah mengembangkan objek wisata ini sebagai aksi perubahan.

BACA JUGA:   Hasil Hitung Suara Pilkades Serentak 2022 di Banggai, Mursalim Unggul 228 Suara di Sinorang Batui Selatan

Kecamatan Balantak Selatan sebagai wilayah administratif yang memiliki lingkup tugas dalam sektor penyelenggaraan pemerintahan , pembangunan serta pembinaan dan pelayanan sosial kemasyarakatan . Untuk menentukan langkah pemberdayaan potensi yang di miliki , baik potensi sumber daya alam , potensi sumber daya manusia , maupun potensi sumber daya lainnya yang kesemuanya itu di tujukan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakatnya agar kita mampu melangkah untuk menelusuri lintasan perjalanan sejarah wilayah ini yang lebih baik , maju dan mandiri bermodalkan tekad menyatukan persepsi membangun negeri dalam kebersamaan , persatuan dan kesatuan dalam bingkai rasa persaudaraan yang kokoh kuat diantara kebhinekaan agama , kultur dan budaya yang ada dalam masyarakat.

Yang perlu dipahami bahwa segala program kerja yang telah tertuang dalam visi dan misi pemerintah daerah akan dapat di aktualisasi kan secara optimal jika saja di dukung oleh seluruh komponen yang ada , baik internal aparatur pemerintahan itu sendiri , maupun masyarakat kecamatan balantak selatan pada umumnya. Sehingga bila terdapat perbedaan perbedaan persepsi baik itu menyangkut dengan program pembangunan maupun kebijakan pemerintah daerah , sepanjang perbedaan itu mengarah kepada perbaikan dan kepentingan masyarakat , maka lewat momentum yang baik ini , saya mengajak kepada seluruh komponen masyarakat , untuk duduk bersama mencari solusi terbaik dalam membangun kecamatan balantak selatan , khususnya pembangunan wisata yang ada di Desa Tombos ini .

BACA JUGA:   KONI dan Perwakilan Delegasi Porprov Sulteng Lakukan Peninjauan di Banggai, Diharap Pembangunan Arena Olahraga Bisa Rampung Tepat Waktu

Keberadaan objek wisata Tanjung Donggulalu ini , kata ibu Asisten I insya Allah dapat mengangkat pariwisata kabupaten Banggai , menjadi roda ekonomi baru serta mampu meningkatkan pendapatan asli daerah pada umumnya dan untuk masyarakat Desa Tombos Kecamatan Balantak Selatan pada khususnya.

Lanjut dari pada itu kata mantan kadis pendidikan kabupaten Banggai Hj.NURJALAL.SH bahwa pemerintah kabupaten Banggai sangat berkomitmen dalam mengembangkan ekowisata termasuk seperti ini . Sehingga kedepan perlu di bangun sarana dan prasarana penunjang agar lokasi ini dapat di akses dengan mudah dan nyaman oleh wisatawan.

BACA JUGA:   Kakan Badan Pertanahan Banggai: Tanah Tak Dilengkapi Surat Sah, Tanah Bodong

Saya berharap kehadiran ekowisata dapat menjadi pusat wisata baru yang berkembang di kecamatan balantak selatan , dengan nuansa unik dan tematik. Yang terpenting adalah bagaimana kedepan ekowisata ini dapat di kembangkan dan memberikan dampak positif terhadap ekonomi masyarakat.

“Semoga dengan diresmikannya Objek Wisata Tanjung Donggulalu ini dengan segala kekayaan alamnya dan ciri khasnya makanannya dapat meningkatkan taraf hidup perekonomian bagi masyarakat sekitar,” tutup Asisten I Sekda Banggai Hj. Nurjalal, SH.

(RED/*)

Dapatkan informasi lainnya di Googlenews, klik: Banggai News