Pansus DPRD Banggai Rapat Bersama TAPD dan OPD Bahas Beberapa Catatan Atas LKPD 2020

BANGGAI NEWS

BANGGAINEWS.COM- Meski DPRD Kabupaten Banggai melalui Rapat Paripurna telah menerima Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2020 yang seyogyanya diserahkan Bupati Banggai lama. Namun, nanti dilakukan oleh Bupati Banggai H Amirudin, Rabu (30/6/2021) untuk dibahas pada tingkat selanjutnya.

Pada rapat lanjutan Panitia Khusus (Pansus) yang dipimpin Ketua Pansus atas LKPD Kabupaten Banggai Tahun 2020 Sukri Djalumang bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), dan turut dihadiri beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Banggai yang digelar Kamis (1/7/2021). Beberapa cacatan baik berupa kritikan maupun pertanyaan pada sesi pembacaan pandangan fraksi menanggapi laporan tersebut, masih terus didalami.

Adapun kritikan maupun pertanyaan yang dijawab oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Banggai Abdullah Ali bersama Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Marsidin Ribangka, dan beberapa perwakilan OPD. Yaitu antara lain terkait adanya perbedaan antara pagu yang ditetapkan dengan realisasi belanja dana BOS. Kemudian terkait dengan dana penanganan Coronavirus Disease (Covid-19) yang bersumber dari dana CSR PT. Bank Sulteng yang diserahkan ke rekening pribadi milik seorang warga berinisial SC senilai sebesar Rp900 juta lebih.

Selain itu, terkait belanja untuk penanganan Covid-19 dibeberapa OPD. Serta termasuk pula terkait piutang Pajak dan Retribusi. Khususnya pajak Galian C beberapa perusahaan.

Oleh sebab itu, rapat Pansus DPRD Kabupaten Banggai masih akan dilanjutkan esok hari.

(CR2)

Tinggalkan Komentar