BANGGAIDAERAHNEWS

Program RPIA Untuk Lahirkan Generasi Emas Bentuk Dukungan JOB Tomori pada Peningkatan Kompetensi Pendidik & Tenaga PAUD

BANGGAINEWS.COM- Kepedulian sejumlah perusahaan untuk mewujudkan kompetensi pendidik, dan tenaga kependidikan anak usia dini yang berkualitas di Kabupaten Banggai dibuktikan.

Dan salah satu bentuk dukungan tersebut, ditunjukkan Joint Operating Body Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori). Pada Rabu (7/6/2023), menghadiri undangan Pengurus Daerah Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Banggai, yang menggelar pelatihan di gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Karaton, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulteng.

Kegiatan yang di hadiri 157 orang guru Paud, berasal dari 23 Kecamatan se-Kabupaten Banggai tersebut, mengangkat tema kompetensi pendidikan terhadap program afirmasi transformasi sistem pendidikan pada lembaga PAUD.

“JOB Tomori akan selalu berusaha membangun kemitraan dengan Pemda Banggai dalam memajukan sumber daya manusia, sehingga kehadiran kami dikegiatan ini, selain sebagai bentuk dukungan, juga sebagai ajang sharing terhadap program Pemda dan program JOB Tomori, khususnya di bidang pendidikan,” ungkap Field Senior Manager JOB Tomori, Abidzar Akman, saat dikonfirmasi di sela-sela acara pembukaan pelatihan tersebut.

BACA JUGA:   Mayat Lansia Kondisi Sudah Membusuk Ditemukan Dalam Rumah di Balantak Selatan

Khusus di bidang pendidikan kata dia, selama ini JOB Tomori yang mendapat mandat dari pemerintah melalui SKK Migas untuk melakukan operasi produksi di Blok Senoro-Toili, telah menjalankan program Rumah Pemberdayaan Ibu dan Anak (RPIA) sejak tahun 2012, telah berhasil membina anak, remaja dan ibu-ibu sehingga mampu meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan demi masa depan, dimana program ini dapat di sinergikan dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Banggai.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan Kabupaten Banggai, Drs. Lajibir, menyampaikan keberadaan PAUD diharapkan dapat melahirkan generasi emas melalui keterlibatan pelaku usaha, sehingga pihaknya memberikan apresiasi kepada JOB Tomori dan perusahaan migas lainnya, yang telah hadir sekaligus bersedia menjadi narasumber pada kegiatan pelatihan itu.

BACA JUGA:   Nahas, Seorang Pengendara Motor di Banggai Tabrak Mobil Parkir di Badan Jalan

Saat menyampaikan materi, Hidayat Monoarfa, Tim ComDev JOB Tomori, menjelaskan sasaran program RPIA yang telah terbentuk 4 unit di desa sekitar area operasi perusahaan, merupakan anak-anak usia 3-18 tahun dan kelompok ibu-ibu rumah tangga.

Selain memfasilitasi tempat bermain, belajar dan mengembangkan kreatifitas urainya, keberadaan RPIA telah dikolaborasikan dengan program penanganan stunting melalui pemberian makanan tambahan yang mengandung banyak manfaat kepada ibu hamil dan anak-anak.

“RPIA ini juga menjalankan fungsi edukasi kepada ibu-ibu, bekerjasama dengan pihak terkait dalam penanggulangan stunting, sehingga sangat memungkinkan program ini dapat di kolaborasikan dengan keberadaan PAUD yang dikelola Pemda Banggai,” ujarnya.

BACA JUGA:   Mayat Lansia Kondisi Sudah Membusuk Ditemukan Dalam Rumah di Balantak Selatan

Usai mendengar pemaparan materi RPIA, pengurus Himpaudi Banggai sangat tertarik, sehingga kedepan berencana akan mengunjungi RPIA JOB Tomori yang telah terbentuk, melibatkan tenaga pendidik PAUD, bertujuan untuk belajar sekaligus melihat secara langsung program apa saja yang dapat di kolaborasikan bersama.

(RED/*)

Dapatkan informasi lainnya di Googlenews, klik: Banggai News