NEWSPOLITIK & PARLEMEN

Salah Input Pengumuman Calon Panwaslu Kecamatan yang Lulus Administrasi, Ketua Bawaslu Banggai: Masih Sementara Rapat

Syaiful Saide

BANGGAINEWS.COM- Tahapan seleksi calon Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se Kabupaten Banggai untuk mengawasi penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 nanti masih terus berproses.

Dan saat ini kabarnya sudah memasuki tahapan pemasukkan tanggapan masyarakat terhadap calon anggota Panwaslu Kecamatan yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi oleh Pokja yang dibentuk Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banggai.

Jika sebelumnya berdasarkan informasi hasil Rekapitulasi Jumlah Pendaftar Calon Anggota Panwaslu Kecamatan pada Pemilu Serentak tahun 2024 di hari terakhir, 08 Oktober 2022 sejumlah 272 orang. Dengan rincian Laki-laki 182 orang, Perempuan 90 orang.

BACA JUGA:   Pimpin Sertijab Sejumlah Pejabat Utama dan Kapolsek, Ini Pesan Kapolres Banggai!

Dan setelah dilakukan seleksi administrasi maka telah diumumkan calon Panwaslu Kecamatan yang lulus sejumlah 258 orang. Sehingga, ada sekira 10 orang lebih pendaftar yang dinyatakan tidak lulus administrasi untuk bisa lanjut pada tahapan seleksi berikutnya.

Dan meskipun memang setelah tahapan tersebut, Bawaslu Kabupaten Banggai masih memberi kesempatan atau ruang kepada masyarakat, untuk terlibat aktif dalam proses seleksi dengan memberikan tanggapan dan masukan terhadap calon anggota Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Banggai dengan mengisi/mengirimkan formulir tanggapan masyarakat yang disediakan oleh Bawaslu Kabupaten Banggai dengan melampirkan KTP yang masih berlaku.

Di mana waktu pemasukkan tanggapan masyarakat mulai dari tanggal 12 -18 Oktober, setelah Bawaslu Kabupaten Banggai mengumumkan hasil penelitian dan berkas administrasi calon Anggota Panwaslu Kecamatan pada tanggal 12 Oktober 2022.

BACA JUGA:   Wabup Banggai Terima Kunjungan Direktur Yayasan ALTO, Marcy Summers: Tompotika Pusat Maleo Terbaik di Dunia

Ternyata, berdasarkan informasi terakhir Ketua Bawaslu Kabupaten Banggai Syaiful Saide yang menyatakan, permohonan maaf atas adanya kesalahan penginputan di pengumuman calon Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Banggai.

Yaitu terjadi selisih atau kekurangan satu orang pendaftar yang mestinya terinput dan diumumkan sejumlah 259 yang dinyatakan lulus seleksi administrasi.

Saat dikonfirmasi hasil seleksi administrasi yang lulus ke tahapan seleksi berikutnya yang terjadi kesalahan input? Ketua Syaiful membenarkannya. dan ia mengaku sementara dirapatkan.

BACA JUGA:   32 Sachet Sabu Siap Edar Diamankan Dari Dua Pria Pendatang di Siuna Pagimana Kabupaten Banggai

“Siap kanda. kami sementara rapat,” katanya lagi melalui pesan WhatsApp, Rabu malam (12/10/2022) pukul 23.23 WITA.

Hanya saja, belum diketahui persis terjadi selisih satu orang untuk calon Panwaslu Kecamatan apa tepatnya.

(SOF)

Dapatkan informasi lainnya di Googlenews, klik: Banggai News