23 Panwascam Selesai Lantik PKD dan Bawaslu Banggai Beri Bimtek

LUWUK-BANGGAINEWS.COM. Pasca dilakukannya rekrutmen Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD), pada Jumat (20/3/2020) kemarin, akhirnya 23 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Banggai telah menyelesaikan proses pelantikan seluruh PKD nya masing-masing.

Proses itu dilakukan tepat waktu sesuai petunjuk teknis (Juknis) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI. Dimana pelantikan sudah harus selesai dilaksanakan dalam waktu tujuh hari atau satu minggu, di mulai Jumat (13/3/2020) sampai dengan Jumat (20/3/2020).

Bahkan tak hanya itu, ternyata Bawaslu Kabupaten Banggai juga sudah melaksanakan pemberian materi bimbingan teknis (Bimtek) kepada PKD yang telah dilantik. “Iya, dari Minggu sampai Jumat kami turun ke kecamatan-kecamatan untuk memonitoring dan memberikan materi Bimtek kepada PKD yang telah dilantik,” kata Syaiful Saide selaku Komisioner Divisi Hukum, Humas, Hubal, Data dan Informasi Bawaslu Banggai kepada awak media ini, Jumat (20/3/2020).

BACA JUGA: Anti Murad Ikuti FPT Partai Hanura dan Bangun Komunikasi Dengan Elit Parpol Koalisi

Hal senada disampaikan rekannya, Adamsyah Usman selaku Komisioner Divisi Penanganan Pelanggaran yang juga sempat dikonfirmasi terkait hal itu. “Sudah semua kayaknya di 23 kecamatan. Terakhir hari ini (Jumat),” katanya singkat. Demikian halnya, pihak Sekretariat Bawaslu Banggai. Dimana menurut Koordinator Sekretariat Bawaslu Banggai, Ruhaida, bahwa dirinya juga turut serta turun lapangan. “Saya masih turun-turun lapangan sekarang karena masih pelantikan PKD,” terangnya kepada awak media ini via pesan WhatsApp.

BACA JUGA: Disnakertrans Banggai Gerak Cepat Tindaklanjuti SE Menaker RI

Sekadar diketahui, wilayah hukum Kabupaten Banggai terdiri dari 46 kelurahan dan 291 desa yang tersebar pada 23 Kecamatan. Pada masing-masing Kelurahan dan Desa, satu orang yang direkrut sebagai Pengawas. Sehingga, ada terdapat total sejumlah 337 PKD se Kabupaten Banggai. Diharapkan kepada para personil PKD pasca dilantik, dapat menjadi ujung tombak dalam melakukan pengawasan setiap tahapan penyelenggaraan Pilkada Serentak (Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng, Bupati dan Wakil Bupati Banggai) tahun 2020 ini.*SOF

Tinggalkan Komentar