BANGGAIDAERAHNEWS

Bupati Amirudin Dorong Terlibat Aktif Seluruh Perangkat Daerah dalam Upaya Penyusunan RKPD Banggai 2025

BANGGAINEWS.COM- Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM., AIFO, memberikan dorongan kuat terhadap keterlibatan aktif seluruh perangkat daerah dalam upaya penyusunan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Banggai Tahun 2025.

Momentum tersebut diwujudkan melalui pembukaan resmi Forum Perangkat Daerah Kabupaten Banggai Tahun 2025 di Hotel Estrella Luwuk, pada Senin (25/3/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Amirudin menyampaikan bahwa penyusunan program dan anggaran tahun 2025 harus sesuai target kinerja makro dan target kinerja perangkat daerah yang sudah ditetapkan.

“Inovasi Satu Juta Satu Pekarangan salah satu program unggulan Kabupaten Banggai, diharapkan menjadi solusi dalam menjaga ketahanan pangan dan juga pengentasan kemiskinan serta pencegahan stunting khususnya diwilayah pedesaan,” ujar Bupati Banggai.

Untuk itu, Bupati Amirudin menegaskan kepada instansi perangkat daerah sebagai pengampuh program ini harus dapat berkolaborasi dalam merealisasikan pemanfaatan yang lebih optimal harus dilaksanakan secara terstruktur, sistematis, dan masif sehingga masyarakat dapat merasakan langsung manfaatnya.

BACA JUGA:   Pemda Bangkep Siap Sambut Presiden Jokowi

“Dan kalo kita melihat kemarin bahwa Kabupaten Banggai bisa berhasil mencapai angka nol pada kemiskinan ekstrim, dapat disimpulkan bahwa salah satu faktor yang menyebabkan angka kita nol dari angka 1.44 ditahun kemarin adalah program Satu Juta Satu Pekarangan,” jelas Bupati Amirudin.

Artinya bahwa, lanjut Bupati Banggai, program ini telah menyentuh kepada orang yang betul-betul berhak untuk menerima.

“Kemudian Inovasi Banggai Terang akan segera terwujud dan telah beroperasinya PLTMG yang kemarin untuk First Gas-In nya telah kita laksanakan pada tanggal 5 Februari 2024 dengan kapasitas 40 MW, yang dapat menyuplai kebutuhan listrik di daerah kita termasuk lampu jalan dan untuk mendukung kebutuhan industri juga UMKM,” tandas Bupati Amirudin.

BACA JUGA:   Astaghafirullah, Emak-emak Diamankan Polisi Diduga Maling Pakaian di LSM

Tidak hanya sampai disitu, Bupati Banggai menjelaskan bahwa Infrastruktur dan TIK diperkotaan telah dikembangkan, demikian pula daerah-daerah “Blank Spot” layanan internet dan telekomunikasi tahun ini menjadi prioritas untuk diselesaikan.

“Dan muda-mudahan Command Center kita juga sementara dibangun, kurang lebih 275 cctv yang akan kita pasang dalam kota termasuk di perangkat-perangkat daerah, sehingga kami bisa memonitor dan melihat semua kegiatan dalam kota itu hanya dalam satu ruangan,” tutur Bupati Amirudin.

Forum ini menjadi momentum strategis bagi seluruh perangkat daerah untuk turut serta dalam merumuskan rencana kerja yang akan menjadi pedoman utama dalam menjalankan program-program pembangunan di tahun mendatang.

BACA JUGA:   Berikut Ini Diantaranya Nama Korban Kecelakaan KM Binaria Indah di Laut Bubung Banggai yang Diselamatkan Warga

Dengan partisipasi aktif dari berbagai sektor dan stakeholder, diharapkan RKPD tahun depan dapat mencerminkan aspirasi dan kebutuhan riil masyarakat Banggai.

Forum Perangkat Daerah Kabupaten Banggai Tahun 2025 diinisiasi sebagai wadah untuk menggalang kolaborasi lintas sektor dan mendiskusikan langkah-langkah strategis dalam pembangunan.

Dapatkan informasi lainnya di Googlenews, klik: Banggai News