Desa Sampaka Bualemo Terendam Banjir Akibat Curah Hujan Tinggi, Kades: Butuh Drainase Lebih Besar

BANGGAINEWS.COM- Curah hujan yang tinggi di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Banggai, Provinsi Sulteng pada Kamis (5/5/2022) kemarin, telah mengakibatkan pemukiman warga di beberapa desa terendam banjir.

Termasuk salah satunya pemukiman warga di Desa Sampaka, Kecamatan Bualemo, Kabupaten Banggai. Kondisi itu disampaikan salah satu sumber kepada banggainews.com, Kamis malam.

Kepala Desa (Kades) Sampaka, Munawir Kunker yang dikonfirmasi terkait hal itu membenarkan, dan sekaligus mengungkapkan harapan.

“Sampaka Butuh Drainase Lebih Besar,” harap Kades yang merupakan salah satu mantan wartawan itu melalui pesan WhatsApp.

Selanjutnya, Kades Nawir menjelaskan, bahwa kemarin banjir bukan dari sungai besar. Akan tetapi, dari sungai-sungai kecil atau sepek sekitar kampung akibat curah hujan yang tinggi.

“Ditambah lagi rawa di sekitar desa juga sudah tidak mampu menampung air jadi sudah meluber. Ini sudah rutin setiap curah hujan tinggi,” terangnya.

Kades Nawir menambahkan, jika desa sebenarnya juga sudah membuat riol di beberapa titik tapi belum dapat sepenuhnya menyelesaikan persoalan.

“Butuh anggaran yang lebih besar dari pemda melalui dinas terkait…utamanya dibuatkan drainase yang ukurannya skala besar,” tutupnya kepada banggainews.com, Sabtu (7/5/2022).

(SOF)

Dapatkan informasi lainnya di Googlenews, klik: Banggai News

%d blogger menyukai ini: