Dewan Kesenian Banggai Kampanyekan Protokol Kesehatan Lewat Pentas Seni

BANGGAINEWS.COM- Dewan Kesenian Kabupaten Banggai bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Banggai dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Banggai, serta didukung JOB Tomori menggelar kegiatan pentas seni Kampanye Penerapan Protokol Kesehatan di Warung Kopi (Warkop) Daeng Mangge, Kelurahan Karaton, Kecamatan Luwuk, Kamis malam (22/10/2020).

Kegiatan yang menampilkan drama teatrikal mengangkat tema “Suara yang Tak Berjarak” dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan itu, menurut Perwakilan Dewan Kesenian, Subrata Kalape diharapkan dapat menjadi media kampanye penerapan protokol kesehatan bagi masyarakat dengan gaya baru.

Saat itu ia pun menjelaskan terkait pemilihan tempat pelaksanaan kegiatan di Warkop Daeng Mangge. Alasannya, karena Warkop adalah ruang publik yang menjadi titik kumpul banyak orang. Sehingga, diharapkan sosialisasi penerapan protokol kesehatan dapat tersampaikan dengan baik dan lebih luas ke khalayak ramai.

Sementara itu, Area External & Government Relation Supervisor, Ahmad Sodikun menyatakan, bahwa pihaknya terus mendukung penuh setiap kegiatan mengkampanyekan penerapan protokol kesehatan dan memerangi pandemi Covid-19.

Sejak awal pandemi Covid-19, sambungnya, pihaknya (JOB Tomori-red) telah berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19. “Dalam lingkungan perusahaan kami, mekanisme kerja itu diatur seketat mungkin untuk menghindari penyebaran pandemi ini,” ungkapnya.

Ia juga menerangkan, pandemi Covid-19 memang banyak mengubah gaya masyarakat. Antara lain memakai masker, cuci tangan, dan bisa saling curiga. Hanya saja yang disayangkan, saat ini masih ada saja oknum masyarakat yang apatis, bersikap cuek, masa bodoh, dan tidak mengindahkan protokol kesehatan. “Olehnya, kami dari perusahaan menyambut baik rencana untuk berkampanye terkait upaya pencegahan Covid-19 ini dengan gaya baru,” terangnya Ahmad Sodikun.

Saat itu, ia pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Banggai, Masnur yang telah mengkoordinir kampanye protokol kesehatan bekerjasama dengan Dewan Kesenian Kabupaten Banggai.

“Kita berterima kasih kepada Ibu Kajari dan Dewan Kesenian Banggai yang punya metode baru dalam mengkampanyekan sosialisasi protokol kesehatan,” ucapnya.

Dan terakhir, Ahmad Sodikun juga menambahkan, kampanye dengan slogan berupa tulisan 3M kadang hanya selesai dibaca. Akan tetapi, kurang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. “Oleh sebab itu, JOB Tomori selalu mendukung kegiatan kampanye kesehetan sejauh yang bersifat positif,” tutupnya.

Selanjutnya, Kajari Banggai, Masnur sebelum membuka secara resmi kegiatan tersebut menyampaikan, sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Penerapan Protokol Kesehatan di Kabupaten Banggai.

“Saya sebenarnya ingin menyampaikan sosialisasi protokol namun yang selama ini kami hanya berupa teks. Alhamdulillah saat ini dengan media yang lain, saya berharap dapat berjalan dengan lebih baik,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menegaskan, bahwa saat ini Pemerintah melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) sudah mulai menerapkan penindakan.

Untuk itu, Kajari Masnur mengharapkan, kepada setiap individu maupun pelaku usaha untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. (SOF)

Tinggalkan Komentar