Hari Ketiga Pencarian, Warga Bangkep yang Hanyut di Sungai Bolo-Boloa Batui Ditemukan Tak Bernyawa

BANGGAINEWS.COM- Korban hanyut di Sungai Bolo-boloa, Kelurahan Sisipan, Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai, sejak Rabu (1/9/2021) kemarin, akhirnya diketemukan pada Jumat (3/9/2021).

Seperti diketahui, korban hanyut merupakan seorang warga berjenis kelamin laki-laki atas nama Norman (20 tahun) yang alamat asalnya dari Dusun Batong Desa Manggis, Kecamatan Lolantang, Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), dan kini tinggal di rumah keluarganya di wilayah Bolo-boloa, Kelurahan Sisipan, Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai.

Upaya pencarian pada hari pertama pasca korban hanyut belum berhasil ditemukan. Demikian juga upaya pencarian hari kedua, Kamis (2/9/2021) kemarin. Dimana Tim SAR gabungan terdiri dari Polisi, Basarnas Pos Luwuk, Pemerintah Kecamatan Batui, Tagana Kabupaten Banggai dan warga sekitar masih berusaha mencari korban.

“Hingga pukul 17.00 Wita, korban belum berhasil ditemukan. Operasi pencarian akan dilanjutkan kembali besok lagi,” ungkap Kapolsek Batui Iptu I Kadek Yoga Widata.

Proses pencarian oleh Tim SAR gabungan sejak pagi hingga sore tadi dengan menggunakan 1 unit perahu karet milik Basarnas, dan 17 unit perahu milik warga difokuskan di area bendungan, dan menyusuri tepian kiri dan kanan sungai radius 1 kilometer dari titik hilangnya korban.

“Dan sekitar radius 100 meter dari hanyutnya korban, ditemukan topi warna merah milik korban yang tersangkut di batang bambu,” ungkap Iptu Yoga.

Dan upaya pencarian pada hari ketiga (hari ini-red), seiring diperolehnya informasi oleh banggainews.com melalui salah satu akun bernama Arf di grup WhatsApp, INFO LUWUK yang menyatakan, “alhamdulillah korban di Batui berhasil di temukan oleh tim SAR gabungan”.

Kapolsek Batui itu yang telah berusaha dikonfirmasi melalui pesan maupun telepon WhatsApp di Nomor 0822 1131 xxxx terkait hal itu, tidak berhasil didapatkan jawaban.

Meski demikian, jika berdasarkan rilis yang dibagikan melalui grup WhatsApp, BERITA POLRES BANGGAI, Jumat malam ini pukul 19.16 WITA. Dalam catatan antara lain disebutkan, proses pencarian Korban hanyut an. Lk. Norman yang terbawa arus di sungai Bakung / Bolo – boloa Kel. Sisipan Kec. Batui, dimulai pada hari Rabu tanggal 01 September 2021 dan berhasil ditemukan pada hari ini Jumat tanggal 03 September 2021 jam 15.00 Wita.

Saat dalam pencarian, korban pertama kali ditemukan oleh warga an. lk. Herson, 35 tahun, pekerjaan tani, agama Kristen, suku Banggai, alamat bolo – boloa Kel. Tolando Kec. Batui

Dan kemudian melaporkan kepada Petugas Tim Gabungan sehingga Tim Gabungan lansung melakukan upaya mengevakuasi korban.

Saat dilakukan evakuasi, korban ditemukan dalam posisi mengapung dan kondisi sudah membusuk dan membengkak, kondisi tubuh masih dalam keadaan utuh, serta memakai baju warna merah dan celana pendek yang digunakan saat terbawa arus.

Selanjutnya Tim gabungan (Polsek Batui, Babinsa Koramil Batui dan Basarnas) menyerahkan lansung korban kepada pihak keluarga dirumah duka dengan menggunakan kantong jenazah 2 lapis untuk kemudian dilakukan Pemulasaraan oleh pihak keluarga dan dikuburkan.

Kapolsek Batui mengucapkan bela sungkawa Kepada keluarga duka serta mengucapkan terima kasih kepada semua warga yang telah bersama – sama dengan Tim gabungan dalam beberapa hari ini telah melakukan upaya pencarian korban.

Ucapan terima kasih juga Kapolsek Batui sampaikan kepada Tim gabungan yang telah sigap dalam melakukan upaya pencarian dan evakuasi Korban tenggelam hingga selesai.

Giat selesai pukul 16.30 Wita, giat berjalan aman dan lancar.

(SOF/*)

Tinggalkan Komentar