BANGKEPDAERAHNEWS

KM Safa Mogok di Tengah Laut, Polsek Buko Evakuasi 67 Penumpang

Para penumpang KM Safa yang sudah dievakuasi di pelabuhan Leme-leme, Kecamatan Buko, Bangkep. (FOTO: ISTIMEWA)

BANGGAINEWS.COM – Setelah mendengar adanya informasi Kapal Motor yang mogok (Karam) dilautan antara perbatasan wilayah perairan Kabupaten Banggai dan Banggai Kepulauan, Kapolsek Buko bersama personilnya bergegas untuk melakukan evakuasi dengan menggunakan KM Puspita Sari.

Kapolsek Buko Ipda Rahim Hasan, dalam penjelasannya mengatakan, pada Rabu (16/11/2022) saat mendengar adanya informasi, bahwa KM Safa yang melakukan rute penyeberangan dari pelabuhan Feri Luwuk Banggai menuju Desa Lolantang karam tepat di depan wilayah desa Lalengan (Buko) pada pukul 03.00 dini hari, langsung bergegas cepat untuk melakukan pertolongan (Evakuasi) terhadap 67 penumpang dan 1 Nahkoda serta 3 ABK.

BACA JUGA:   Wagub Mamun Lepas Kontingen POMNAS dan PORWANAS Sulteng

Kurang lebih satu jam melakukan pencarian, akhirnya pada pukul 04.00 dini hari KM Safa ditemukan terombang ambing dekat pulau tikus, tepatnya di depan Desa Lalengan Kecamatan Buko

Alhasil, pada pukul 05.30 semua penumpang berhasil di evakuasi menuju pelabuhan Leme-leme, adapun jumlah penumpang KM Safa 67 Orang yang di nakodai oleh Mahajuda Joni dan 3 Orang ABK dan R2 6 unit serta kurang lebih 15 ton muatan barang campuran.

BACA JUGA:   G20 Summit di Bali, Bakrie Grup dan Mitra Rencana Bangun Kapasitas Rantai Pasok Baterai di Sulteng

Setelah melakukan evakuasi, pihak Polsek Buko, melakukan proses pemberian batuan, berupa penyembuhan untuk mengatasi gangguan fisiologis yang disebabkan oleh kejadian atau bencana (Trauma Heling).

Diketahui bersama, KM Safa yang melakukan penyeberangan dari pelabuhan peri Luwuk Banggai menuju Desa Lolantang Kecamatan Bulagi Selatan Bangkep, pada Selasa, 15/11 pukul 11.00 tengah malam, mengalami kerusakan mesin dan tidak berfusi lagi (Mogok), tepat didepan Desa Lalengan (Buko).

BACA JUGA:   Sekda Banggai Hadiri Deklarasi Kampung Pancasila di Tontouan Luwuk

(DUL/*)

Dapatkan informasi lainnya di Googlenews, klik: Banggai News