NEWSPOLITIK & PARLEMEN

Komisi 1 DPRD Banggai Gelar RDP dengan PT. DS LNG & Subkon, Terungkap Terjadi Mis Penyampaian & Laporan

RDP Komisi 1 dengan PT. DS LNG, Subkon dan Perwakilan Pemuda dan Masyarakat Desa Uso, Senin (01/07/2024). (Foto: SOFYAN TAHA)

BANGGAINEWS.COM- Komisi 1 menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan perusahaan hilir migas PT. DS LNG dan Subkon di ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Banggai pada Senin (01/07/2024).

Hal itu menyikapi aspirasi pengaduan Pemuda Masyarakat Desa Uso tertanggal 09 Mei 2024.

Yaitu terkait ketidakjelasan pengelolaan program CSR PT. DS LNG sejak pertengahan Tahun 2022 sampai Tahun 2024, serta sistem setiap rekrutmen tenaga kerja oleh Subkon-subkon PT. DS LNG yang tidak memprioritaskan serta tidak memperkerjakan pemuda masyarakat Desa Uso sebagai tempat dan berdirinya Perusahaan PT DS-LNG oleh karena itu kami sebagai tempat wilayah dan berdirinya perusahaan PT. DS LNG.

Oleh karena itu, kami kecewa atas perlakuan perusahaan terhadap kami pemuda masyarakat Desa Uso.

Dan juga oleh karena itu, kami pemuda Masyarakat Desa Uso selaku wilayah Tapal Project
Menuntut PT. DS LNG bersama Subkon-subkon PT. DS LNG, agar memprioritaskan setiap rekrutment tenaga kerja dan pengelolaan Program CSR dikhususkan untuk Desa Uso yang dimuat dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Perusahaan dan Pemerintah Desa Uso sesuai Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

BACA JUGA:   2 Siswa SMPN 3 Luwuk Banggai Terbaik pada Lomba Potret Cerita Kurikulum Merdeka

Dalam hal ini kami Pemuda Masyarakat Desa Uso memohon kiranya kepada pihak DPRD Kabupaten Banggai untuk segera menggelar Rapat Dengan Pendapat (RDP) guna menjalankan fungsi sebagai penyalur Aspirasi rakyat serta menghadirkan pihak pimpinan relations dan communication DS LNG, Ibu Sotoyo dan CSR Maneger DS LNG Bapak
Pradipta Sidi, serta semua pimpinan-pimpinan Site Subkon-subkon yang berada dan bekerja di Project PT DS-LNG serta dinas-dinas terkait.

Dalam RDP yang dipimpin langsung Ketua Komisi 1 Irwanto Kulap yang dihadiri Perwakilan Manajemen PT. DS LNG dan instansi teknis Pemda Kabupaten Banggai.

Di antaranya terungkap, bahwa berdasarkan penyampaian manajemen PT. DS LNG bahwa rekrutmen tenaga kerja total berjumlah 520 orang tenaga kerja (Naker).

BACA JUGA:   Bupati Amirudin Kukuhkan 1.700-an Kades dan BPD di Banggai Perpanjangan 2 Tahun

Hanya sekira 50 persen Naker yang terekrut dari daerah tapak perusahaan.

Salah satunya Perwakilan Subkon menyatakan, bahwa dari total 191 naker yang digunakan. Sekira 87 persen Naker lokal Uso Kecamatan Batui, dan Kecamatan Kintom dan Nambo. Sementara 13 persen Naker dari luar.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Ernaeni Mustatim mengungkapkan di antaranya, Subkon PT. DS LNG ada berjumlah 19. Dengan penyampaian menggunakan total sejumlah 577 Naker. Dan salah satu Subkon menggunakan 45 Naker yang terekrut tahun 2023-2024.

Hanya saja, berdasarkan laporan yang direktur berjumlah 508 Naker. Sehingga, terjadi mis.

Sementara terkait program CSR, masih kata Kadis Ernaini, bahwa saat momentum Musrenbang dirinya memberikan judul Sinergi Pemda, Masyarakat dan Perusahaan.

Mestinya, setiap program CSR perusahaan dilaporkan agar terjadi sinkronisasi program antara perusahaan, Pemda untuk masyarakat.

BACA JUGA:   Pagi Ini, Upacara HUT Banggai Ke-64 di Tribun Mirqan Halimun Berlangsung Khidmat

Dari keterangan Kadisnakertrans, menurut Pimpinan Rapat Ketua Komisi 1. Bahwa ada mis pada perekrutan Naker.

Disampaikan pihak manajemen bahwa PT. DS LNG telah merekrur 520 Naker. Ternyata yang dilaporkan baru merekrur sejumlah 508 Naker.

Oleh sebab itu, Pimpinan Rapat Ketua Komisi 1 Irwanto Kulap meminta keterangan yang lebih lengkap dari pihak manajemen PT. DS LNG.

Hadir saat itu, di antaranya anggota Komisi 1 DPRD Banggai, Kadisnakertrans dan jajaran, Kabag SDA, Kabag Hukum Setdakab Banggai, Pemdes dan BPD Uso, perwakilan masyarakat, dan lainnya.

Dapatkan informasi lainnya di Googlenews, klik: Banggai News