KPU RI Cek Kantor KPU Banggai untuk Persiapan Pesta Demokrasi Serentak 2024

NEWS POLITIK

BANGGAINEWS.COM- Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Ilham Saputra meluangkan waktu mengecek secara langsung Kantor KPU Kabupaten Banggai saat transit di Luwuk, Selasa (6/4/2021).

Ilham yang didampingi Komisioner KPU Provinsi Sulteng dan Komisioner KPU Banggai saat ditemui para awak media menyatakan, jika kunjungannya di Kantor KPU Banggai yakni dalam rangka untuk mengecek segala sesuatu seperti gedung dan lainnya. Termasuk persiapan secara umum menyambut pemilihan serentak pada tahun 2024 mendatang.

Dan adapun agenda utamanya yakni dalam rangka menghadiri Rapat Koordinasi Evaluasi Pemilihan Serentak tahun 2020 bersama KPU se Provinsi Sulteng yang dilaksanakan di Kabupaten Tojo Una-una (Touna).

Dalam kesempatan itu, Plt Ketua KPU RI menjelaskan, bahwa antara lain yang akan dievaluasi seperti bagaimana penanganan hukum pemilihan kemarin, distribusi logistik oleh setiap KPU di Provinsi Sulteng. Tujuannya, KPU mendapatkan pembelajaran untuk mensukseskan pemilihan serentak tahun 2024. Sebab lebih rumit, bersilangan antara Pemilu (Pileg, Pilpres) dan Pemilihan (Gubernur, Walikota, Bupati).

Ia juga mengungkapkan, bahwa intinya banyak sekali hikmah ketika penyelenggaraan pemilihan serentak pada Desember 2020 kemarin. Pasalnya, belum ada yang tahu apakah pemilihan serentak tahun 2024 mendatang pandemi Covid-19 sudah selesai ataukah seperti apa.

Dengan telah terselenggaranya pemilihan 2020 kemarin, mereka menjadi tahu bagaimana menyelenggarakan pemilihan di tengah pandemi.

“Tahu menyiapkan tahapan-tahapan teknis, bagaimana mendatangkan masyarakat ke TPS dengan sehat dan aman. Yaitu dengan menerapkan protokol kesehatan,” ungkap Ilham. Hal itu menjadi modal mereka untuk bisa memperkuat persiapan penyelenggaraan pemilihan serentak 2024 mendatang.

Selain itu, masih kata dia, terkait dengan penyelenggaraan Pemilu 2024. Mereka di KPU RI telah mengusulkan agar Pemilu 2024 dilaksanakan lebih maju pada bulan Februari atau Maret.

“Karena jika Pemilu 2024 dilaksanakan pada bulan April, maka penyelenggaran pemilihan serentak yang merupakan rezim berbeda dengan Pemilu tahun 2024 tidak akan terkejar. Sebab, pencalonannya belum selesai terkait dukungan kursi dan suara,” terangnya.

Terakhir menanggapi pertanyaan salah satu awak media terkait sudah sejauh mana persiapan penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024? Ilham mengaku, mereka sedang mempelajari hal itu dan sudah pula rapat koordinasi dengan Komisi 2 DPR RI dalam rangka persiapan dan penguatannya.

“Kendala kami pertama-tama yakni terkait anggaran. Sebab, Pemilu dibiayai APBN dan Pemilihan Serentak dibiayai APBD,” ujarnya.

Sementara itu terkait usulan penyiapan gudang logistik KPU Banggai? Menurutnya, silahkan saja KPU di daerah mengusulkan. Namun, tidak dapat dipastikan apakah bakal mendapatkan anggaran yang bersumber dari APBN ataukah tetap dikembalikan bersumber dari APBD.

“Silahkan ditanyakan pula ke Pemerintah Daerah,” celetuk Komisioner KPU Provinsi Sulteng yang mendampingi Plt Ketua KPU RI tersebut. (SOF)

Tinggalkan Komentar