BANGGAIDAERAHNEWS

Pengurus PABPDSI Banggai Periode 2021-2027 Resmi Dilantik

BANGGAINEWS.COM- Pengurus Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Banggai, periode 2021-2027 resmi dilantik, Jumat (29/10/2021).

Kegiatan pelantikan yang dipimpin langsung Bupati Banggai Amirudin Tamoreka tersebut sekaligus pelaksanaan deklarasi yang digelar di Gedung Graha Pemda, Jalan Jend Achmad Yani, Kelurahan Luwuk.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Banggai, Kajari Banggai, Plh Wakapolres Kompol Salmon Enggeletti, SIKom, Perwakilan Dandim 1308LB, Ketua PABPDSI Kab. Banggai, Inspektur Inspektorat, DPMPD kab banggai,Ketua Umum Pengurus Pusat PABPDSI, Dewan Pakar, Serta para Ketua BPD se-Kab. Banggai, serta seluruh anggota yang dilantik.

BACA JUGA:   Mobil Pick Up 'Adu Banteng' di Jembatan Perbatasan Nuhon-Bunta Banggai Berbuntut Kebakaran

Ketua PABPDSI Kabupaten Banggai Roike Lambidju mengatakan, sejak undang undang nomor 6 tahun 2014, tentang Desa, Permendagri nomor 110 tahun 2016. BPD telah memberikan kepastian humum bahwa BPD adalah lembaga di Desa yang melaksanakan fungsi pemerintahan desa.

“Itu artinya BPD tidak akan terpisahkan dari proses jalannya penyelenggaraan Pemerintahan di Desa,” tuturnya.

BACA JUGA:   Puluhan Murid TK Kemala Bhayangkari Sambangi Satlantas Polres Banggai

Ketua DPRD Kabupaten Banggai, Suprapto mengucapkan selamat atas terbentuknya pengurus PABPDSI Kabupaten Banggai, semoga dapat mengembang amanah dan tanggung jawab sebagai kama sumpah yang telah diucapkan.

“Harapan saya dengan terbentuknua PABDSI, kedepan dapat memberikan kontribusi dalam merespon percepatan pembangunan desa,” harapnya.

Bupati Banggai Amirudin Tamoreka mengatakan, dilantiknya pengurus PABDSI menandai bahwa telah siap untuk mulai bekerja dan bermitra dengan pemerintah daerah, melalui program-program strategis yang nantinya direkomentasikan sebagai bahan referensi untuk memajukan pembangunan di daerah ini.

BACA JUGA:   3 Orang Luka-luka, Begini Kronologis Lengkap Kecelakaan Pick UP di Jembatan Kalumbangan!

“Pengurus daerah PABDSI adalah wadah organisai atau lembaga untuk menghimpun dan pemersatu seluruh anggota BPD se-Kabupaten Banggai,” pungkasnya.

(CR2/*)