Pesona Wisata Palatian di Nikal Segera Diresmikan

BUALEMO-BN. Pemerintah Desa Nipa Kalemoan (Pemdes Nikal), Kecamatan Bualemo berhasil melakukan inovasi. Yaitu pengembangan kawasan wisata pemancingan Palatian. Apalagi, dukungan warga setempat cukup antusias dalam membenahi daya tarik tempat wisata tersebut agar dapat menjadi salah satu destinasi wisata andalan baik di wilayah Kepala Burung maupun di Kabupaten Banggai.

Kades Nikal, Gusti kepada Banggai News menyatakan, pengembangan tempat wisata pemancingan bernama Palatian tersebut, merupakan hasil inovasi yang dibiayai menggunakan Keuangan Desa (Keudes) tahun anggaran 2019.

“Telaga sebagai tempat pemancingan Palatian, luasannya sekira tiga hektar. Sejak tahun 2019 kemarin sudah mulai kami kembangkan. Diantaranya, telah kami buatkan bentangan jembatan berbahan kayu 15 meter, dan lebar lima meter. Kepala jembatannya terdiri dari tiga buah,” kata Kades Gusti yang ditemui saat menyambangi Kantor Bupati Banggai dalam rangka mengkomunikasi soal agenda peresmian tempat wisata itu, jelang akhir tahun kemarin.

Saat ditanya apakah tempat tersebut sudah mulai dikenal? Kata dia, sudah lama dikenal. Hanya saja, saat itu belum mulai dikembangkan. Buktinya, karena tidak saja masyarakat lokal Bualemo. Namun juga masyarakat dari luar, sudah ada yang datang berkunjung.

“Masyarakat lokal kini bahkan sudah sangat betah dengan berlama-lama di tempat tersebut. Karena suasananya dan tempatnya memang terbilang sangat nyaman,” ucap Kades Gusti yang turut dibenarkan Camat Irfan saat keduanya hendak mengkomunikasikannya dengan Asisten I Setdakab Banggai, Judi Amisudin.

Diharapkan, kedepan daya tarik wisata atau salah satu destinasi wisata di Kabupaten Banggai itu turut mendapatkan perhatian sekaligus sokongan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai melalui Dinas Pariwisata, dan juga dari Kementerian Pariwisata RI untuk dikembangkan lebih lanjut.

Sekadar diketahui, dilansir dari Sangalu.com, pada 16 Januari 2020 ini tempat itu akan diresmikan Bupati Banggai. Di samping meresmikan tempat wisata pemancingan Palatian, agenda Bupati di tempat ini akan dirangkaikan dengan pengukuhan Anggota BPD terpilih periode 2019-2025 dari 15 desa se Kecamatan Bualemo.*SOF

Tinggalkan Komentar