NEWSPOLITIK & PARLEMEN

Selisih 2 Suara, Ruslan Polopa Kalahkan Petahana pada Pilkades Sayambongin

Calon Kepala Desa (Cakades) Sayambongin saat pengambilan nomor urut. (FOTO: ISTIMEWA)

BANGGAINEWS.COM- Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang diikuti 192 desa se Kabupaten Banggai telah selesai dilakukan pemungutan dan perhitungan suara pada Rabu 2 November 2022.

Dari 192 desa yang melaksanakan pesta demokrasi enam tahunan itu, salah satunya adalah Desa Sayambongin, Kecamatan Nambo. Dalam Pilkades ini, diikuti sebanyak lima kandidat.

Pertarungan Pilkades di Desa Sayambongin berlangsung begitu sengit. Calon Kepala Desa (Cakades) nomor urut 5, Ruslan Polopa sukses mengalahkan petahana yang mendapat nomor urut 3 hanya dengan selisih dua suara.

BACA JUGA:   Dispora dan KONI Banggai Gelar Cdm & DRM, Pemkab Banggai Berharap Jadi Tim yang Solid Untuk Bangun Olah Raga dan Prestasi

Panitia Pilkades, Winardi Tuong mengatakan, Cakades petahana, Alamsyah Dj Lapi harus puas berada di peringkat ke dua dengan mendapat 145 Suara, dan di ikuti Cakades nomor urut 1, Kusmayadi Sutaryo di posisi ke tiga dengan hasil 98 Suara. Di peringkat ke empat yaitu Cakades nomor urut 4, Ronawati Tapa dengan hasil 89 suara. Sedangkan menjadi juru kunci cakades nomor urut 2, Afryanto Kuamas yang hanya memperoleh 68 suara.

BACA JUGA:   Sapa Masyarakat Saat Tinjau Proses Pungut Hitung Pilkades di TPS, Kapolres Banggai Imbau Jaga Kondusifitas Kamtibmas

“Cakades nomor urut 5, Ruslan Polopa mendapat suara terbanyak dengan perolehan 147 suara,” katanya kepada banggainews.com, Rabu (2/11/2022).

Berakhirnya pelaksanaan kontestasi dinilai sukses oleh para warga Sayambongin. Kushendratno Sutaryo salah satunya. Menurutnya, proses demokrasi di Desa Sayambongin telah berjalan dengan baik dalam melahirkan pimpinan desa yang baru.

“Alhamdulillah pelaksanaan Pilkades berjalan sukses, aman dan lancar. Lahir pimpinan desa yang baru. Semua melalui proses demokrasi,” ujarnya.

BACA JUGA:   Sapa Masyarakat Saat Tinjau Proses Pungut Hitung Pilkades di TPS, Kapolres Banggai Imbau Jaga Kondusifitas Kamtibmas

(KAL)

Dapatkan informasi lainnya di Googlenews, klik: Banggai News