NEWSPOLITIK & PARLEMEN

Tahapan Awal Pemilihan Serentak 2024, Bawaslu Banggai Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

BANGGAINEWS.COM- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banggai gelar kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif, sebagai tahapan awal jelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, di Hotel Santika Luwuk, Jumat (23/9/2021).

Tema yang diangkat “Bersama Mencegah Terjadi Money Politik, Penyebaran Berita Hoaks dan Isu Sara Tahapan Pemilu Tahun 2024,”.

Kegiatan sosialisasi yang mengundang 50 orang peserta, terdiri dari Akademisi Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB, Untika, AMIK Nurmal, Tokoh Agama Islam, Kristen, Hidu dan Budha, Mahasiswa dan Pelajar SMAN 1 dan SMAN 2 Luwuk itu, diawali dengan pembacaan LPJ Panitia Pelaksana oleh Koordinator Sekretariat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banggai, Ruhaida Pawari.

BACA JUGA:   Wisuda LP3 GMC 2021-2022, Kadisdik Banggai: Persiapkan Diri Aplikasikan Ilmu yang Telah Dipelajari Dalam Kehidupan Masyarakat

Dan dibuka secara langsung oleh Ketua Syaipul Saide yang didampingi empat anggotanya. Masing-masing Indrawati, Ridwan, Lasadam Lamadusu, dan Abd Rahman Sangkota.

Mengawali sosialisasi Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banggai Alwin Palalo yang juga selaku Ketua Divisi Teknis, tampil sebagai narasumber pertama dengan membawakan materi “Skema dan Tahapan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024”. Kemudian dilanjutkan dengan materi “Bersama Mencegah Politik Uang (Money Politik)” yang dibawakan Akademisi Isnanto Bidja yang juga menjabat Wakil Rektor (WR) 1 Untika Luwuk.

BACA JUGA:   Banggai Raih Opini WTP 10 Kali Sejak Tahun 2012, Bupati Amirudin Terima Penghargaan Pada Rakernas Kemenkeu RI

Kemudian materi ketiga “Mencegah Penyebaran Berita Hoaks” dibawakan Akademisi Laode Ade Putra yang juga menjabat Wakil Dekan (WD) Fisip UMLB. Dan materi keempat atau yang terakhir “Pencegahan Isu SARA” yang dibawakan oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Irpan Poma.

BACA JUGA:   3 Orang Luka-luka, Begini Kronologis Lengkap Kecelakaan Pick UP di Jembatan Kalumbangan!

Setelah itu, kegiatan sosialisasi ditutup pula secara resmi oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Banggai.

(SOF)

Tinggalkan Komentar