NEWSPOLITIK & PARLEMEN

Welly Ismail Telah Dua Kali Diusulkan Bupati, Angkat dan Lantik Korsek Bawaslu Banggai Kewenangan Bawaslu Sulteng

Ketua Bawaslu Banggai Syaiful Saide

BANGGAINEWS.COM- Meski informasinya pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) atas nama Welly Ismail telah dua kali diusulkan oleh Bupati Banggai sebagai Koordinator Sekretariat (Korsek) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banggai.

Masing masing melalui surat Nomor 800/2839/BKPSDM yang ditandatangani Bupati Banggai pada tanggal 12 Oktober 2022. Dan surat Nomor 800/2839/BKPSDM pada tanggal 12 Oktober 2022.

Namun, ternyata hingga kini yang bersangkutan belum bisa efektif melaksanakan tugas perbantuan sebagai Korsek di badan penyelenggara pemilu tersebut menggantikan mendiang Ruhaida Pawari.

Ketua Bawaslu Banggai Syaiful Saide yang dikonfirmasi terkait hal itu usai menghadiri kegiatan KPU Banggai di SwissBelInn Hotel Luwuk, Jumat sore (14/10/2022) pekan kemarin menyatakan, seperti pemberitaan yang sudah beredar.

BACA JUGA:   Gelapkan Motor dan Maling Ponsel di Luwuk, Seorang Pemuda Ditangkap di Balantak Selatan Banggai

Bahwa memang benar pegawai ASN Kabupaten Banggai tersebut sudah diusulkan oleh Bupati Banggai.

Hanya saja, bukan menjadi kewenangan mereka (Bawaslu Banggai, red) untuk mengangkat dan melantik. Melainkan kewenangan sepenuhnya Bawaslu Provinsi Sulteng.

Oleh sebab itu, mereka posisinya tinggal menunggu pengesahan dengan pelantikan oleh Bawaslu Provinsi Sulteng.

Seperti diketahui, pengusulan Welly Ismail sebagai Korsek Bawaslu Banggai pertimbangannya karena telah cukup berpengalaman dalam panitia penyelenggara pemilu.

BACA JUGA:   Cegah Aksi Tawuran, Forkopimda Banggai Beri Arahan dan Bina Pelajar SMA Negeri 1 Luwuk

Yaitu selain pernah menjadi Ketua PPK Luwuk Selatan. Juga merupakan mantan Ketua Bawaslu Paswaslu Kabupaten Banggai sebelum resmi berganti menjadi Bawaslu. Di mana dirinya kemudian diberhentikan oleh DKPP karena tidak memenuhi persyaratan.

Pengusulan Welly oleh Bupati Banggai dikatakan sifatnya sementara untuk mengisi kekosongan sekaligus demi kelancaran pelaksanaan tugas-tugas administrasi di Bawaslu Banggai.

Bupati Banggai Amirudin selain mengusulkan Welly Ismail, pegawai ASN yang kini menjabat sebagai Kepala Bidang Hubungan Industrial (Kabid HI) Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnaker) Kabupaten Banggai

BACA JUGA:   Peserta Ujian CAT Calon Anggota Paswaslu Kecamatan di Banggai Resmi 259 Orang, Nyaris Tak Terinput Pendaftar Panwaslu Kintom

Juga mengusulkan Anggraeni Dwi Nofianty, pegawai ASN Disnaker sebagai Bendahara dan Nur Linda M Lasanang, pegawai ASN Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Banggai sebagai Operator Sekretariat Bawaslu Banggai.

(SOF)

Dapatkan informasi lainnya di Googlenews, klik: Banggai News