Kantor PUPR Banggai Disidak Bupati dan Wabup Amir-Furqan

BANGGAI NEWS

BANGGAINEWS.COM- Usai menghadiri Seminar Reforma Agraria yang digelar di salah satu hotel. Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Banggai H Amirudin dan Furqanuddin M (Amir-Furqan) lanjut melaksanakan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Kantor Dinas PUPR Kabupaten Banggai, Rabu (16/6/2021) sore tadi.

Setibanya di kantor itu, pertama-tama Bupati Amir melaksanakan sholat ashar di salah ruangan kerja. Setelah itu barulah melakukan peninjauan langsung ke dua ruangan kerja, masing-masing ruangan Kepala Dinas (Kadis) dan Sekretaris Dinas (Sekdis).

Selanjutnya mendengarkan presentasi dari Kadis PUPR, Bambang Eka Sutedi. Yaitu antara lain sekaitan dengan jumlah baik pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun honorer. Dan juga progres pelaksanaan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut.

Kadis Bambang dalam presentasinya pertama-tama menyatakan terkait jumlah pejabat Eselon II, III dan IV, jumlah pegawai ASN dan honorer, termasuk petugas penjaga pintu air yang total keseluruhannya 200 lebih. Kemudian masuk pada laporan pelaksanaan tupoksi mereka.

Selanjutnya, dipresentasikan realisasi fisik, keuangan, dan pendapatan. Masing-masing berdasarkan data yang dibacakan Kadis Bambang, bahwa untuk fisik per bulan Juni 2021 sampai dengan tanggal 9 Juni pekan kemarin 9,73 persen. Keuangan Rp 18,5 miliar atau persentasenya 13,20 persen. Dan pendapatan total 764 juta lebih yang terdiri dari sewa alat berat plus lab Rp 87 juta lebih, dan IMB Rp 677 juta lebih atau persentasenya 12,49 persen.

Lebih lanjut diuraikan terkait status proses paket konstruksi dan konsultan. Masing-masing yang belum dilaksanakan atau paket dalam persiapan pemilihan penyedia yang terbagi dalam empat bidang total berjumlah 147 paket. Paket dalam proses tender dan pengadaan langsung total 56 paket. Proses kontrak dan SPK total 26 paket. Pelaksanaan pekerjaan total 59 paket. Dan yang sudah selesai baru pada satu bidang, yakni Bina Marga total 14 paket.

Disela-sela mendengarkan presentasi Kadis dan juga ditambahkan Sekdis PUPR. Bupati Amir dan ditambahkan Wabup Furqan langsung mengingatkan, agar mestinya kontraktor yang benar-benar punya alat yang menjadi pelaksana paket proyek apalagi yang berpagu anggaran besar. Sehingga, pekerjaan tidak terbengkalai. “Jadi kedepan pelan-pelan kita perbaharui,” ucap Bupati Amir.

Saat itu juga sempat disinggung terkait jumlah ASN Banggai yang kabarnya cukup banyak totalnya berjumlah 7.900. Namun masih ada yang mengeluhkan kekurangan pegawai. “Untuk itu, kedepan Pak Wabup Banggai kita bagi agar terjadi pemerataan,” ucap Bupati lagi yang turut diaminkan Wabup Furqan.

Ditambahkan, bahwa selama mereka melakukan masuk ke kantor-kantor saat Sidak rata-rata kondisinya mengecewakan. Padahal, kantor mestinya dibuat senyaman mungkin, agar pegawai yang menempatinya bisa betah.

“Jadi harus diperbaiki agar nyaman, dan bisa membuat merasa sama-sama memiliki. Buat apa kita turun kerja bakti diberbagai titik, namun kantor justru amburadul. Hal itu yang akan terus kami evaluasi. Kasihan rakyat. Padahal kita membangun dengan uang rakyat melalui pajak,” tandas Bupati Amir yang juga turut disepakati Wabup Furqan, dan disambut aplaus seluruh yang hadir.

(RED)

Tinggalkan Komentar