NEWSPENDIDIKAN

Kemah Prestasi di Toili 8-14 Agustus 2022, Kwarcab Pramuka Banggai Komitmen Akan Membawa Kegiatan Kemah Prestasi Bertaraf Nasional

Risman Sarifudin

BANGGAINEWS.COM- Agenda kegiatan Kemah Prestasi yang akan digelar di Desa Bukit Jaya, Kecamatan Toili, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulteng, selama sepekan 8-14 Agustus
2022 nanti.

Ketua Panitia Pelaksana Risman Sarifudin yang juga merupakan Sekretaris Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Banggai menyatakan, jika agenda kegiatan tersebut tidak saja akan dibawanya menjadi kemah terbesar se Indonesia Timur.

Namun juga setaraf Skala Nasional yang jumlah dan kegiatanya sama seperti pelaksanaan Jambore Nasional (Jamnas) yang akan digelar di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur.

Adapun alasan mendasarnya, menurut Risman, kegiatan Kemah Prestasi yang pesertanya terdiri dari Penggalang, Penegak dan Pandega itu, selain berasal dari 23 Kwartir Ranting (Kwarran) se Kabupaten Banggai. Dengan target minimal sejumlah 10.000 peserta lokal.

“Kwarcab Poso juga yang diundang telah menghubungi via telepon, siap ikut hadir. Maka estimasi keseluruhan peserta bisa mencapai 11.800 peserta. Sementara untuk kegiatan Jamnas yang akan dibuka pada tanggal 14 Agustus di nasional, estimasi pesertanya hanya 11.400,” ujar Cimang, sapaan akrab pemuda yang belum lama ini meraih gelar Doktor (Dr) pada salah satu kampus di Jawa Timur itu, Senin sore (18/7/2022).

BACA JUGA:   Puluhan Murid TK Kemala Bhayangkari Sambangi Satlantas Polres Banggai

Selain itu, ia menjelaskan, jika jumlah Pelatih dasar (KPD) dan pelatih lanjutan (KPL) Pramuka di Kwarcab Banggai sudah sekitar 70 orang lebih dan mengalahkan jumlah pelatih Kabupaten/Kwarcab lain di Sulteng.

“Dan sebelumnya kami juga sudah pernah melaksanakan agenda kegiatan perkemahan Akbar pada tahun 2019 di Desa Hion, Kecamatan Bunta dengan jumlah 8.600 an peserta yang alhamdulillah berlangsung sukses,” ungkapnya.

Adapun tujuan kegiatan Kemah Prestasi tahun 2022 ini, sambung Cimang, yaitu untuk turut berkontribusi mendorong pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Sebab, perputaran ekonomi selama sepekan pelaksanaan kegiatan Kemah Prestasi diestimasikannya bisa mencapai total Rp8 miliar. Di luar acara pembukaan dan penutupan.

BACA JUGA:   Warga Desa Siuna Pagimana yang Merasa Dipermainkan Gelar Aksi Mengingatkan PT Prima Untuk Kedua Kalinya

“Pada acara pembukaan estimasi yang hadir bisa mencapai 30 ribuan orang. Terdiri dari selain pengurus Kwarran, juga pendamping. Pada acara penutupan, akan lebih banyak lagi. Estimasinya bisa mencapai 50 ribuan. Sebab, sudah ada orang tua peserta yang datang menjemput dan melihat langsung acara penutupan,” terangnya.

“Hal ini sekaligus untuk membantu Pemda Kabupaten Banggai guna pemulihan ekonomi pasca Covid-19. Sebab, basis organisasi terbesar sudah ini Gerakan Pramuka,” tambah Cimang lagi.

Bentuk persiapannya sendiri, masih kata dia, saat ini sementara pembenahan lokasi seluas 11-12 Ha yang berada di wilayah Desa Bukit Jaya, Kecamatan Toili.

Pelaksanaan Kemah Prestasi tanggal 8-14 Agustus. Dan bertepatan dengan pada tanggal 14 Agustus adalah Hari Peringatan Ulang Tahun Organisasi Pramuka.

BACA JUGA:   Dinas Perikanan Banggai Gelar Pasar Ikan Murah Tekan Inflasi Dampak Naiknya BBM

Bupati Banggai selaku ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Banggai juga akan menerima penghargaan sebagai bentuk dukungan dan partisipasi aktif dalam kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan Kwarcab selama ini. Yaitu langsung akan diberikan oleh Ketua Majelis Pembimbing Nasional (Ka.Mabinas) Gerakan Pramuka oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di kegiatan Jamnas di Cibubur pada tanggal 14 agustus mendatang,” tutupnya kepada BANGGAINEWS.com, Senin sore (18/7/3022).

(SOF)