KUPP Pagimana Telah Lakukan Langkah Antisipasi Penyebaran Covid-19

LUWUK-BANGGAINEWS.COM. Penyebaran Covid-19 yang terbilang cepat diberbagai belahan dunia, dan juga dibeberapa wilayah Indonesia, telah mendorong berbagai pihak untuk bersinergi melakukan langkah antisipasi pencegahan.

Jika di ibukota Kabupaten Banggai, Pemerintah Daerah (Pemda) telah membentuk Tim Gugus Tugas yang terdiri dari berbagai instansi dalam melakukan langkah antisipasi. Maka di kecamatan langkah antisipasi salah satunya telah dilakukan instansi vertical, yakni pihak Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Pagimana bersinergi dengan pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Berupa penyemprotan cairan disinfektan di tempat-tempat umum untuk menekan potensi penyebaran Covid-19.

“Tanggal 17 Maret 2020, sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona Kantor UPP Pagimana bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kabupaten Banggai, telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan. Antara lainnya di area Kantor dan sekitarnya, serta di Kapal Perintis Pangkalan Pagimana KM Sabuk Nusantara 59 sejak sore hingga malam hari,” kata Dadang Wijaya via pesan WhatsApp, Kamis (19/3/2020).

Hal itu turut dibenarkan Kepala KKP Kabupaten Banggai, Iksan saat dikonfirmasi awak media ini. Kata dia, pihaknya dengan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) salah satu perguruan tinggi di Kabupaten Banggai telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan dibeberapa tempat umum yang menjadi pintu masuk. Seperti bandara dan pelabuhan.

“Setelah lebih dulu saya berikan pengarahan (Briefing). FKM bersama kami barulah melaksanakan tindakan penyemprotan disinfektan. Pihak kami di Bandara dan pelabuhan tempat bersandarnya kapal asing, termasuk juga di Pagimana bersinergi dengan pihak KUPP setempat. Sementara di Pelabuhan Rakyat, dan lainnya dalam kota Luwuk dilakukan oleh FKM dengan tetap mendapat pendampingan personil kami,” ungkap Iksan saat ditemui diruang kerjanya, Jumat sore (20/3/2020) kemarin.*SOF

Tinggalkan Komentar