Lokasi Kemah Prestasi di Bukit Jaya Toili, Dua Mantan Camat di Dataran Toili Yakin Masih Aman dan Tak Terdampak Banjir

Ilustrasi

BANGGAINEWS.COM- Lokasi tempat pelaksanaan Kemah Prestasi di Desa Bukit Jaya, Kecamatan Toili, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulteng, menurut dua Camat di Kabupaten Banggai, dipastikan masih tetap aman.

Dua Camat dimaksud masing masing Camat Toili Barat (Tolbar) Andi Rustam Dg Pettasiri yang merupakan mantan Camat Toili. Dan Camat Nuhon, Hariadi Bola yang merupakan mantan Camat Moilong.

Dan hal itu disampaikan kedua Camat kepada BANGGAINEWS.com saat bertemu di Kantin Kantor Bupati Banggai, di Kawasan Perkantoran Bukit Halimun, Rabu (3/8/2022).

Disinggung terkait status pada akun media sosial yang bernama Wonderful Banggai dengan menampilkan sebuah foto yang menyatakan.

Sudah jo te usah ba ikot Pramuka Kemah Prestasi di Toili.

Sapa pe ide ini bikin pramuka lokasi di Toili? So di tau tau Toili itu rawan banjir kalo musim ujan den curah ujan karas pasti mo banjir.

Kabupaten Banggai ini luas ada banyak lokasi
untuk lokasi pramuka bisa di Bunta, Salodik, Koyoan dan tempat lainnya yang tidak rawan banjir saat musim hujan.

Musim Hujan itu bukan berlaku hanya 1-2 minggu tapi berbulan bulan akan musim hujan. Apalagi BMKG baru baru ini telah mengatakan bahwa ada 3 daerah di Sulteng yang siaga hujan lebat termasuk Kabupaten Banggai.

Kasih pindah saja itu lokasi Pramuka ke tempat
yang tidak rawan banjir. Ini menyangkut nyawa
dan kesehatan Siswa Siswi kalau tetap diadakan Pramuka di Toili, karena Toili saat ini sedang Banjir.

Menjawab informasi tersebut, menurut Camat Andi Rustam bahwa di sekitar lokasi perkemahan Pramuka di Desa Bukit Jaya, Kecamatan Toili, terdapat bangunan tanggul.

Dan yang ramai dikatakan tergenang banjir, bukan berada di dalam bangunan tanggul yang menjadi lokasi kemah prestasi. Termasuk bahan untuk membangun tenda yang divideokan hanyut. Hal itu karena masih berada di luar tanggul dan belum sempat diangkut masuk.

Hal senada disampaikan Camat Nuhon Hariadi Bola yang juga merupakan mantan Sekretaris Camat (Sekcam) Toili.

Oleh sebab itu, mereka berdua yakin jika lokasi pelaksanaan Kemah Prestasi di Desa Bukit Jaya, Kecamatan Toili, masih aman dan tidak terdampak banjir.

Bahkan mereka Forum Camat se Kabupaten Banggai, rencananya akan berpartisipasi mendirikan tenda perkemahan di lokasi tersebut.

“Dan saya sendiri kalau memang tidak ada urusan mendesak untuk pulang ke wilayah, maka akan tidur di tenda perkemahan,” tutup Camat Andi Rustam yang turut diaminkan Camat Hariadi Bola.

(SOF)

%d blogger menyukai ini: