Mahasiswa KKN UML Banggai Posko 4 Kecamatan di Kabupaten Balut Geber Pelaksanaan Program Sebelum 40 Hari

Foto bersama Dosen Pembimbing dan para mahasiswa KKN di salah satu posko yang ada di 4 kecamatan dalam kota Balut. (FOTO: ISTIMEWA)

BANGGAINEWS.COM- Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Luwuk (UML) Banggai yang tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan 32 Tahun 2022 pada 4 Posko Kecamatan di Kabupaten Banggai Laut (Balut) terus menggeber pelaksanaan beberapa program kegiatan.

Pasalnya, pelaksanaan KKN saat ini hanya diberikan waktu 40 hari dan tidak seperti KKN terdahulu yang berlangsung hingga 3 bulan.

Hal ini diungkapkan salah satu Dosen Pembimbing Lapangan Mahasiswa KKN UML Banggai Sahraen Sibay, Jumat siang (5/8/2022).

Sahraen Sibay (FOTO: SOFYAN TAHA)

Selanjutnya, ia menjelaskan, bahwa setelah pihaknya menghadiri undangan kegiatan silahturahmi dengan OPD termasuk ASN Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Balut, dan Pemerintah Kecamatan, serta Pemerintah Desa/Kelurahan di 4 Kecamatan dalam kota Balut, dipimpin Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Balut Drs Ruslan Taulani.

Menindaklanjuti hal itu para mahasiswa KKN yang dibimbingnya langsung action di lapangan, dengan menggelar program kerja bakti jelang perayaan HUT RI Ke 77 Tahun 2022. Yaitu bersinergi dengan Pemda Kabupaten Balut dan seluruh komponen masyarakat setempat.

Setelah itu guna turut lebih memeriahkan momentum perayaan HUT RI tahun 2022 di 4 Kecamatan. Masing masing Kecamatan Banggai, Banggai Utara, Banggai Selatan, dan Kecamatan Banggai Utara.

Para mahasiswa bimbingannya, sambung mantan Direktur PDAM Luwuk itu, juga menggelar lomba dalam bidang Olah Raga dan Kesenian di masing masing Desa/Kelurahan.

“Alhamdulillah seluruh komponen masyarakat 4 kecamatan di Kabupaten Banggai sangat mengapresiasi kehadiran para mahasiswa KKN kami. Alasan mereka karena baru pada momentum KKN mahasiswa UML Banggai kali ini, banyak kegiatan yang bersentuhan langsung jelang perayaan HUT RI,” ujar Sahraen kepada BANGGAINEWS.com.

Bahkan tidak berhenti sampai pada pelaksanaan program program tersebut. Termasuk Sosialisasi Hukum, Pendampingan Penyusunan Administrasi Desa. Dan juga saat ini sedang melaksanakan program yang disinkronkan dengan program Pemda Kabupaten Balut.

Seperti kampanye penurunan angka stunting, dan memverifikasi data warga miskin yang ada di Kabupaten Balut yang datanya dari Dinas Sosial (Dinsos) setempat

Rangkaian program kegiatan, masih kata Om Raen sapaan Dosen Fisip itu, akan diakhiri dengan program kegiatan Pameran Kreativitas Masyarakat dan UMKM yang akan dipusatkan di kota Banggai diikuti beberapa kecamatan. Khususnya 4 kecamatan yang terdapat posko mahasiswa KKN UML Banggai.

“Pameran yang akan dibuka oleh Pemda Kabupaten Balut tersebut, insyaAllah akan dihadiri langsung oleh Pimpinan UML Banggai. Mulai dari Rektor, WR, BPH, dan Dekan Fakultas UML Banggai. Sekaligus Rektor akan melakukan penarikan secara resmi mahasiswa KKN Angkatan 32 tahun 2022 yang sedang melaksanakan di Kabupaten Balut,” terangnya lagi.

Dan saat pelaksanaan program kegiatan pameran itu, ia menambahkan, para mahasiswa KKN bimbingannya juga akan turut mempromosikan potensi potensi kearifan lokal yaitu tempat tempat maupun destinasi budaya Kabupaten Balut. Seperti diantaranya keberadaan Keraton Banggai dan prosesi upacara adatnya.

“Hal ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian mahasiswa KKN UML Banggai terhadap potensi kearifan lokal Kabupaten Balut (Budaya Banggai). Sehingga nantinya mahasiswa KKN yang saya dampingi, akan turut memperkenalkan tempat tempat yang menyajikan kuliner khas,” tambahnya.

Oleh sebab itu, ia berharap kepada Pemda Kabupaten Balut dan jajarannya, serta masyarakat untuk dapat memberikan dukungan dan masukan guna suksesnya pelaksanaan pameran pada akhir KKN nantinya.

(SOF)

%d blogger menyukai ini: