BANGGAIDAERAHNEWS

PAUD dan Sarana Air Bersih KAT Loinang Dusun Tombiobong yang Dibangun PD Aisyiyah dan JOB Tomori Diresmikan, Bupati Banggai Akan Tingkatkan Honor Guru dan Bantu Pembangunan PLTM

Peresmian PAUD dan Sarana air Bersih. (FOTO: ISTIMEWA)

BANGGAINEWS.COM- Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin meresmikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Aisyiyah dan Sarana Air Bersih Perpipaan Komunitas Adat Terpencil (KAT) Loinang.

Kegiatan bertempat di Dusun Tombiobong, Desa Maleo Jaya, Kecamatan Batui Selatan, pada Selasa (12/7/2022). 

Pembangunan fasilitas tersebut merupakan bagian dari program kerja Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Banggai dengan JOB Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi Tengah. 

Foto Bersama

Di awal kedatangan, Bupati Banggai disambut tarian adat yang dibawakan Kepala Komunitas Adat Loinang, Pesawat dan nyanyian lagu daerah “Paya Leto Nginaumo” oleh para pelajar PAUD. 

Sebelum meresmikan, terlebih dahulu Bupati Banggai menyampaikan sambutan. Dalam pidatonya, Ir. H Amirudin mengatakan akan memberikan bantuan 5 Juta rupiah kepada 7 orang guru di Dusun Tombiobong, yang menurut laporan, telah mengabdi dengan sepenuh hati, walaupun harus melalui akses jalan yang sulit dengan honor yang hanya sedikit. 

BACA JUGA:   Hadiri Rakor Lintas Sektor dengan Kementerian ATR/BPN, Bupati Banggai Siapkan Raperbup RDTR untuk Kawasan Perkotaan Luwuk¬†

“Kedepan pada saat penerimaan PPPK, kami usahakan guru-guru di Tombiobong akan diangkat, karena berdasarkan aturan, penetapannya dilakukan oleh Pemerintah Daerah,” imbuh Bupati Banggai sambil terisak akibat haru setelah sebelumnya mendengarkan perjuangan para guru di Dusun Tombiobong. 

Beliau juga meyakinkan bahwa dalam waktu dekat, pembangkit listrik tenaga micro hydro akan segera dibangun di Dusun Tombiobong. 

“Silahkan dari Aisyiyah bersama konsultan untuk menyusun perencanaan lalu masukan proposalnya di Pemda, pasti kita bantu,” tegas dia. 

Tidak lupa pula, Bupati Banggai memberikan apresiasi kepada Job Tomori dan Pimpinan Aisyiyah atas kontribusi mereka dalam membantu kehidupan masyarakat. 

BACA JUGA:   ABK Asal Sultra Ditemukan Meninggal Dalam Kapal Penangkap Ikan Tenggelam di Pantai Ondoliang Banggai

Di kesempatan yang sama, Bupati Banggai menyerahkan bantuan 10 karung beras kepada masyarakat Dusun Tombiobong. 

Ketua Pimpinan Daerah (PD) Aisyiyah Kabupaten Banggai, Drs. Sri Moksa Djalamang, S.Pd Selaku penanggung jawab kegiatan, menekankan bahwa organisasi perempuan tersebut sangat memperdulikan tumbuh kembang dan pendidikan anak di Kabupaten Banggai dengan mendirikan fasilitas pendidikan dan mengadakan program-program untuk mencegah stunting. 

“Kami memiliki lembaga Paud terbanyak di Kabupaten Banggai, Tomboibong adalah Paud kami yang ke 27, dibangun tanpa proposal, tetapi karena yang dilakukan adalah hal baik, pasti banyak yang akan membantu, salah satunya pihak JOB Tomori, sama halnya dengan fasilitas air bersih” jelasnya. 

BACA JUGA:   Rapat Bahas Permasalahan PT Prima dan Warga Siuna Terdampak Tambang Nikel Dimajukan Hari Ini

Turut hadir pula, Wakil Bupati Banggai Periode 2016-2021, Drs. H. Mustar Labolo, M.Pd, Kepala DKISP Banggai, Hasanudin Idris, SE., M.Kom,  Kepala Dinas Ketahanan Pangan Banggai, Alfian Djibran, Pengurus (PD) Aisyiyah serta Muhammadiyah Kabupaten Banggai, Camat Batui Selatan, Fadil Akbar, Kepala Desa Maleo Jaya, Zainal Abidin serta Pimpinan dan karyawan JOB Tomori.

(SOF/*)