Pemkab dan DPRD Banggai Bahas Anggaran Penanganan Covid-19

BANGGAINEWS.COM. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai yang dipimpin Bupati, Herwin Yatim dan Wakil Bupati (Wabup), Mustar Labolo mengikuti rapat kerja dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang dipimpin Ketua, Suprapto melalui sarana teleconference atau video conference menggunakan applikasi Zoom Meeting, Kamis (2/4/2020).

Rapat yang dari pihak Eksekutif juga dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Banggai, Kepala Bappedalitbang, Kepala BPKAD, Kepala BPBD, Kepala Kesbangpol, dan Kepala Dinkes. Sementara itu, Legislatif juga dihadiri pihak Komisi 1, 2, dan 3, agendanya yaitu membahas terkait Anggaran Penanganan dan Pencegahan Covid-19 di Kabupaten Banggai.

TELECONFERENCE: Pemkab Banggai saat rapat kerja dengan DPRD Banggai membahas anggaran Anggaran Penanganan dan Pencegahan Covid-19 via teleconference, Kamis (2/4/2020). (FOTO: ISTIMEWA)

Pada rapat kerja tersebut, Bupati Herwin memaparkan rencana dan strategi Pemkab Banggai kepada DPRD terkait penanganan dan pencegahan Covid-19. Adapun rencana Pemkab yang telah dilakukan antara lain. Pertama, membentuk Tim Gugus Tugas Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 sejak tanggal 16 Maret 2020. Kedua, memastikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan sarana prasarana lainnya dapat menunjang penanggulangan Covid-19.

Ketiga, mengirim tiga Tenaga Kesehatan (Dokter) ke Jakarta untuk diberikan pembelajaran tentang Penanganan dan Pencegahan Covid-19, dan lainnya.

Bupati Herwin berharap kepada DPRD Kabupaten Banggai untuk mensuport, dan memberikan masukkan terkait langkah-langkah strategis lainnya yang kita butuhkan dalam rangka penanganan Covid-19 ini, agar lebih terstruktur dan sistematis.

“Kepala Daerah memang dimandatkan oleh Instruksi Presiden (Inpres) untuk mengambil langkah relokasi anggaran. Akan tetapi, kita harus bicarakan bersama antara Pemerintah dan DPRD. Sehingga, kebijakan penanganan Covid-19 yang diambil oleh Pemkab Banggai adalah kebijakan bersama Eksekutif dan Legislatif. Dan kita pertanggung jawabkan bersama,” ucap Bupati Herwin.

Diakhir rapat kerja, Ketua DPRD Suprapto menyampaikan sebagai usulan DPRD Kabupaten Banggai kepada Pemkab Banggai, agar segera merefocusing atau memfokuskan kembali anggaran, dan pergeseran anggaran penanggulangan Covid-19. sehingga, nantinya DPRD bersama Tim Tekhnis Pemerintah akan membahas rincian kegiatannya.*SOF

Tinggalkan Komentar