Penjelasan Bawaslu Banggai Dinanti

NEWS POLITIK
Terkait Tanggapan Masyarakat Soal Hasil Seleksi Berkas Calon

BANGGAINEWS.COM- Meski saat menggelar Konferensi Pers beberapa waktu lalu seperti dikutip dari laman Facebook Bawaslu Kabupaten Banggai, Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah Jamrin mengatakan, bahwa kami akan meluruskan terkait agenda maksud dan tujuannya kedatangan Ketua Bawaslu RI Abhan di Kabupaten Banggai itu dalam rangka supervisi dan telah Melakukan pertemuan dengan Tim Seleksi untuk mengarahkan Tes Wawancara yang mana hasil dari tes wawancara 15 orang calon anggota Bawaslu Kabupaten Banggai diserahkan ke Bawaslu RI untuk dilakukan Uji Kelayakan dan Kepatutan (Fit and Proper Test).

Hanya saja, Pelaksana Tugas (Plt) ketua Bawaslu Banggai, Syaiful Saide yang tidak kunjung membagikan rilis resmi seperti janjinya, saat diminta penegasan kalau benar kedatangan Ketua Bawaslu RI di Banggai yakni semata-mata supervisi ke jajaran Bawaslu Sulteng dan Kabupaten Banggai, termasuk ke Tim Seleksi (Timsel) calon Bawaslu Banggai 2021-2023.

Apakah sempat disinggung seperti apa tanggapan Pak Ketua Abhan terkait tanggapan masyarakat yang mempertanyakan hasil seleksi Timsel terhadap beberapa calon yang masih bertahan hingga tahapan saat ini.

Sebab, diduga ada beberapa oknum yang belum mengundurkan diri seperti dari ASN dan juga penyelenggara Pilkada Serentak 2020 akan tetapi tetap diluluskan?

Hingga berita ini ditayangkan dirinya belum memberikan penjelasan. Demikian halnya upaya konfirmasi kepada komisioner Bawaslu Sulteng, Zatriawati dan juga langsung ke Ketua Bawaslu RI, Abhan melalui pesan WhatsApp di nomor Hand Phone masing-masing.

Meski demikian untuk diketahui, calon anggota Bawaslu Banggai yang kini tersisa delapan orang setelah tujuh orang lagi yang dinyatakan tidak lulus dalam tahapan seleksi sebelumnya yakni wawancara.

Dikutip dari Luwuk Times.ID. Delapan calon anggota Bawaslu Banggai masih akan mengikuti satu tahapan seleksi lagi, yakni Fit and Proper test (FPT). Rencananya uji kelayakan dan kepatutan itu akan dilaksanakan tanggal 14-15 Januari.

Komisioner Bawaslu Sulteng, Sutarmin Ahmad, Rabu (13/01) mengatakan, FPT akan dilaksanakan di Luwuk. “Tempat kegiatannya saya belum tahu. Tapi yang pasti dilaksanakan di Banggai selama 2 hari,” kata Sutarmin.

Untuk yang melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan sambung Sutarmin adalah Bawaslu RI. “Langsung dari Bawaslu RI yang melaksanakan FPT, kata Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Sulteng ini.

Hasil dari test final iti sambung Sutarmin, akan melahirkan 4 anggota Bawaslu Kabupaten Banggai terpilih. “Iya, keempat itu yang nantinya dilantik sebagai anggota Bawaslu Banggai,” kata Sutarmin. (SOF)

Tinggalkan Komentar