BANGGAIDAERAHNEWS

Program Gerakan Menuju Kota Cerdas Tahun 2022, Banggai Salah Satu dari 50 Kabupaten/Kota Terpilih

BANGGAINEWS.COM- Wakil Bupati (Wabup) Banggai H Furqanuddin Masulili menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Master Plan Smart City Kabupaten Banggai, Kamis, 16 Juni 2022.

Kegiatan diselenggarakan oleh Dinas Informatika Statistik & Persandian Kab. Bangai, bertempat di Ballroom Hotel Estrella Luwuk Selatan, dengan mengambil tema “Dalam Rangka Implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas ( SMART CITY ) Kabupaten Banggai Tahun 2022”.

Turut hadir pada kesempatan itu, Tim Tenaga Pembimbing Dari Kementerian Kominfo RI (Ir. Lukito Edi Nugroho, M.Sc.,Ph.D), Tenaga Ahli (Dr. Nunuk Dwi Retnandari, M.Si), Asisten Ahli Muzakir Haitami dan Rossy, Kepala Dinas Kominfo Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah (diwakili), Para Staf Ahli/Staf Khusus Bupati, Para Assisten Setda Banggai, Para Pimpinan OPD, Para Kabag Setda Banggai, Pimpinan BUMN dan BUMD, Pimpinan Universitas, Kabag Prokopim beserta Jajarannya, dan Para Peserta Bimtek yang sempat hadir.

Wakil Bupati Banggai H. Furqanuddin M membacakan sambutan tertulis Bupati Banggai antara lain menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Banggai mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada Tenaga Pembimbing Penyusunan Master Plan Smart City dari Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI di Kabupaten Banggai.

BACA JUGA:   Selasa, Bupati Banggai Pimpin Pertemuan Warga Siuna dan Dirut PT Prima

“Ini merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan khususnya bagi Pemerintah Kabupaten Banggai, mudah mudahan dengan kehadiran Bapak/Ibu Tenaga Pembimbing bisa menambah wawasan kita semua untuk kemajuan daerah yang kita cintai ini,” kata isi sambutan Bupati Banggai.

Berbicara Smart City tentu tidak terlepas dari teknologi informatika, di era digitalisasi saat ini mau tidak mau, suka tidak suka kita sudah masuk berkecimpung didalamnya, di tengah tengah cepatnya laju perkembangan teknologi, seluruh daerah berlomba lomba untuk menjadi yang tercepat dan terbaik dalam mengimplementasikan smart city.

Untuk itu setiap elemen didorong agar berfikir kreatif dan aktif dalam melahirkan inovasi inovasi demi mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera, sehat, nyaman, dan aman, tentu saja yang menjadi tujuan utama adalah untuk mewujudkan daerah yang berkelanjutan dan mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Pembangunan berbasis smart city tidak sekedar mengedepankan efisiensi birokrasi dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Namun perlu juga membangun infrastruktur dan sarana Tik sebagai faktor pendukung keberhasilan smart city. Untuk itu langkah awal yang dilakukan dalam menuju smart city adalah perlunya membangun suatu master plan yang komprehensif berdasarkan potensi peluang dan tantangan yang riil dihadapi suatu daerah.

BACA JUGA:   September Kelabu! Truk Pengangkut Sampah DLH Banggai Tak Layak Jalan Segera Ganti

Lanjut kata Wabup, perlu disampaikan bahwa pada tahun 2021 telah dilaksanakan assesmen yang dilakukan oleh tim ahli dari berbagai kalangan yang ditunjuk oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Berdasarkan assesmen tersebut alhamdullilah Kabupaten Banggai terpilih menjadi salah satu Kabupaten dari 50 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia yang masuk dalam Program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2022 sehingga hasil Assesmen tersebut pada Tanggal 21 April tahun 2022 dilaksanakan kegiatan Penandatanganan Nota Kesepakatan Antara Direktur Jenderal Aplikasi Informatika dengan Pemerintah Kabupaten Banggai tentang Implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) dalam bentuk Pendampingan Penyusunan Master Plan Smart City Kabupaten Banggai.

“Tentu saja pemerintah Kabupaten Banggai mengapresiasi dan menyambut baik pelaksanaan Bimbingan Teknis yang dilaksanakan hari ini. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini kita dapat melihat potensi permasalahan serta kesiapan infrastruktur dan sumber daya manusia yang kita miliki,” lanjutnya.

Gerakan menuju Smart City yang dicanangkan oleh Kementerian Kominfo RI, bertujuan untuk mendorong Daerah Kabupaten/Kota di Indonesia melakukan akselerasi pembangunan dengan menggunakan konsep Smart City atau Kota/Daerah Pintar, mulai dari penyusunan master plan smart city, merencakan dan melaksanakan Program Quick Win Smart City dan melaksanakan Road Map atau peta jalan pembangunan smart city dalam 5 hingga 10 tahun kedepan.

BACA JUGA:   Wisuda LP3 GMC 2021-2022, Kadisdik Banggai: Persiapkan Diri Aplikasikan Ilmu yang Telah Dipelajari Dalam Kehidupan Masyarakat

Selanjutnya untuk mewujudkan Smart City di Kabupaten Banggai, diperlukan komitmen dan perencanaan yang matang serta menyeluruh pada tahap-tahap tertentu, usaha pembangunan smart city juga perlu melibatkan semua pihak di tingkat daerah maupun di tingkat pusat, baik dari pihak masyarakat, pemerintah maupun swasta, sehingga dapat mewujudkan Kabupaten Banggai sejajar dengan daerah maju lainnya melalui Visi Pemerintah Kabupaten Banggai yaitu Terwujudnya Banggai Maju, Mandiri Dan Sejahtera Berbasis Kearifan Lokal.

(RED/*)

Dapatkan informasi lainnya di Googlenews, klik: Banggai News