Situasi Pandemi Covid-19, Upacara Peringatan HUT Banggai Ke 61 Digelar Secara Virtual

BANGGAI NEWS

BANGGAINEWS.COM- Bupati Banggai, Ir H Amirudin Tamoreka bersama Wakil Bupati menggelar upacara secara virtual peringatan HUT ke-61 Kabupaten Banggai di gedung Graha Pemda Banggai, Kamis (8/7/2021).

Bupati Banggai H. Amirudin bertindak selaku pembina upacara dengan menggunakan baju Adat Saluan, Perwira Upacara Pupung Diliyanto SSTP Kabag Organisasi Setda Banggai dengan menggunakan pakaian adat Reok Ponorogo Jawa timur, Komandan Upacara Wismoyo Poma Lurah Kaleke dengan menggunakan pakaian adat Banggai. Dan pembaca sejarah singkat Kabupaten Banggai Ferlin Monggesang kepala Dinas Peternakan dengan menggunakan baju adat Saluan.

Turut hadir pada upacara virtual tersebut Wakil Bupati Banggai Laut, Forkopimda Banggai yakni Ketua DPRD, Dandim 1308 LB, Kapolres Banggai, Kajari Banggai, Danpos AL Luwuk, Pengadilan Negeri Luwuk, Pengadilan Agama Luwuk, Asisten II Banggai Kepulauan, Wakil Bupati Banggai Periode 2016-2021 (Mustar Labolo), Para Asisten Setda Banggai, Para Staf Ahli Bupati, Para Staf Khusus Bupati, Para Pimpinan OPD, Camat Dalam kota luwuk, Ketua TP-PKK Kab. Banggai, Ketua MUI Kab. Banggai, Para Pimpinan BUMN/BUMD, Para Pimpinan Partai Politik, Ormas, Organisasi Pemuda, Para Tokoh dan Ahli Waris Pendiri Kabupaten Banggai. Adapun Camat, Lurah Kepala desa dan perangkatnya serta undangan lainnya mengikuti acara secara virtual melalui zoom meeting.

Peringatan HUT ke-61 Kabupaten Banggai dilakukan secara terbatas dan virtual dengan menerapkan protokoler kesehatan secara ketat.

Kegiatan diawali dengan tari tarian khas Banggai, dilanjutkan dengan pembacaan sejarah singkat Banggai. Pelaksanaan Upacara berjalan secara khidmat, sebagai bentuk peringatan HUT Kabupaten Banggai. Kemudian acara diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Banggai yang di serahkan kepada Tomundo Banggai Dan Bosanyo serta Forkopimda dan Tokoh Tokoh Adat lainnya.

Perayaan HUT kali ini mengangkat tema “Bersama Membangun Dalam Keberagaman” untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera berbasis kearifan lokal serta membangun semangat bersama melawan Covid-19.

Bupati Banggai dalam pidatonya menyampaikan, berdirinya Kabupaten Banggai berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 29 tahun 1959 tanggal 04 juli 1959. ” Tanggal 08 juli 1960 ditetapkan sebagai tanggal lahirnya Kabupaten Banggai yang diperingati setiap tahun. Hari ini Kabupaten Banggai berusia 61 tahun,”Tutur Bupati Banggai.

Dengan peringatan hari ulang tahun yang ke 61 ini, pemerintah Kabupaten Banggai berupaya mendesain atau merancang sebuah formula masa depan yang berlandaskan realita dan dinamika kekinian tanpa melupakan nilai-nilai dan peristiwa bersejarah dimasa lalu

“Sebagai masyarakat Kabupaten Banggai kita wajib bersyukur dengan menjadikan hari kelahiran Kabupaten Banggai sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini dengan karya dan prestasi kerja produktif demi meraih cita-cita bersama,” ungkapnya.

Bupati Amirudin menambahkan, fokus kerja pemerintah daerah yakni mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang meningkat, sehingga akan memberi dampak pemicu bagi perkembangan daerah sekitar wilayah ini. Selain itu, ikut memanfaatkan potensi sumber daya alam dan komoditas unggulan daerah termasuk pertanian dan kemaritiman, membangun infrastruktur untuk menopang aktivitas ekonomi.

Akhir kegiatan, sejumlah penghargaan diberikan untuk orang-orang yang berprestasi di Kabupaten Banggai, selang waktu yang sama Unsur Forkopimda beserta tamu kehormatan foto bersama. Pesan Bupati Banggai kepada seluruh jajaran ASN Lingkup Pemkab Banggai, untuk slalu menjaga adat dan kearifan lokal, diwajibkan ASN setiap hari Jumat memakai pakaian adat. Tiara HUT Kabupaten Banggai kali ini Bupati bersama seluruh peserta mengenakan pakaian adat.

(RED/*)

Tinggalkan Komentar