Kominfo dan Indobot Academy Buka Beasiswa Pelatihan IoT Gratis

BANGGAINEWS.COM- Pangsa Pasar Internet of Things (IoT) ditaksir mencapai US$11 triliun pada 2025. Tentu ini merupakan peluang yang sangat besar. Oleh karenanya untuk mempersiapkan SDM unggul di bidang Internet of Things, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika, bekerjasama bersama Indobot Academy tahun ini membuka beasiswa Pelatihan Gratis Internet of Things.

Perkembangan teknologi informasi mendorong perubahan zaman yang semakin pesat. Kedepannya, potensi market place dari IoT ini akan semakin besar. Untuk itu pemerintah sendiri telah mencanangkan program Making Indonesia 4.0 yang salah satu kompenennya ialah IoT. 

Implementasi Industri 4.0 di manufaktur sangat terkait dengan penyediaan infrastruktur dan teknologi informasi dan komunikasi antara lain: Internet of Things (IoT), Big Data, Cloud Computing, Artificial Intellegence, Mobility, Virtual dan Augmented Reality, sistem sensor dan otomasi.

Penerapan Internet of Things di Indonesia dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal seperti smart city, smart public transportation system, digital payment, manufaktur dan retil, logistik atau semacamnya. Tidak hanya itu saja, Internet Of Things juga mendorong industri untuk menciptakan atau mengembangkan aplikasi baru yang dapat digunakan diberbagai sektor kehidupan seperti e-Health, pendidikan, asuransi user-based dan aplikasi bisnis.

Internet of Things merupakan sebuah the next big things yang dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas di berbagai lini industri. Berdasarkan survei per Desember 2020, ada 52 persen perusahaan di Indonesia yang melakukan peningkatan pengeluaran terhadap solusi IoT sebagai bentuk respon terhadap Covid-19.

Oleh karenanya, kini keberadaan praktisi Internet of Things sangat dibutuhkan perusahaan-perusahaan. Untuk mendukung tumbuh kembangnya sumber daya manusia yang ada, Indobot Academy bekerja sama dengan Kominfo menghadirkan Professional Academy Digital Talent Scholarship. Saat ini sedang dibuka registrasi DTS PROA Batch 2 sebagai bentuk program beasiswa bagi para calon talenta IoT.

Pada program DTS PROA Batch 2 ini, calon talenta IoT akan mengikuti pembelajaran intensif secara gratis melalui modul pembelajaran online. Program ini tentunya menawarkan berbagai keuntungan bagi calon talenta IoT yang mengikutinya, seperti sertifikat, pengetahuan dan skill sebagai bekal karir serta relasi. 

Peserta yang telah menyelesaikan program juga mendapatkan keuntungan melalui project IoT berupa certificate of competence dan certificate of completion sebagai bekal untuk melanjutkan karir di industri Internet of Things. Program beasiswa kolaborasi Indobot Academy dan KOMINFO ini dapat kamu ikuti secara gratis!

Terdapat 1000 slot beasiswa untuk peserta talenta IoT. Bagi kamu yang tertarik mengikuti program beasiswa gratis Professional Academy hasil kolaborasi Indobot Academy dan Kominfo ini, dapat melakukan pendaftaran melalui laman Indobot Academy. Segera daftarkan dirimu, karena registrasi hanya akan dibuka sampai tanggal 8 Mei 2022.

(RED/*)

Dapatkan informasi lainnya di Googlenews, klik: Banggai News

%d blogger menyukai ini: