EKONOMI & INVESTASINEWS

Sosialisasi Rencana Pembangunan Mall di Kompleks Pasar Sentral Luwuk, Begini Penjelasan Disdag Banggai!

Kepala UPTD Pasar, Narwin Nursin.

BANGGAINEWS.COM- Rencana pembangunan mall di Kompleks Pasar Sentral Luwuk seperti yang diungkapkan Bupati Banggai H Amirudin beberapa waktu lalu, sudah langsung ditindaklanjuti oleh instansi teknis dalam hal ini Dinas Perdagangan (Disdag) Kabupaten Banggai dengan menggelar sosialisasi.

“Pada dasarnya sosialisasikan sudah langsung kami laksanakan pasca menerima perintah langsung dari Bapak Bupati Banggai,” ujar Kepala Disdag Hasrin Karim yang turut dibenarkan Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dalam dan Luar Negeri, serta Kepala UPTD Pasar saat dikonfirmasi, Selasa siang (28/6/2022).

Adapun respon dari para pedagang yang menempati Kompleks Pasar Sentral Luwuk, sambung Kabid dan Kepala UPTD Pasar, juga pada dasarnya cukup baik dan mereka siap menerima.

“Responnya mereka siap. Jadi tinggal kapan dibangun, mereka siap pindah. Jadi sekali lagi sosialisasi intinya sudah dilaksanakan,” ujar Kadis, Kabid dan KUPTD Pasar Narwin Nursin kompak.

BACA JUGA:   Pemkab Banggai Gelar Gebyar Pasar Murah Bantu Masyarakat Peroleh Bahan Pokok di Tengah Kenaikan Inflasi

Saat ditanya ada berapa pedagang yang hingga kini masih menempati Kompleks Pasar Sentral Luwuk, ujar Kabid dan KUPTD yang membawahi total 14 Pasar di Kabupaten Banggai, bahwa ada sekira 60.

“Selain pedagang ada juga yang sebetulnya hanya tinggal di dalam kompleks pasar itu,” terang Kabid dan KUPTD Pasar lagi.

Seperti diketahui, rencana pembangunan mall di Pasar Sentral Luwuk itu diungkapkan Bupati Banggai saat Rapat Evaluasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) bersama OPD dan Camat di Ruang Rapat Umum Kantor Bupati Banggai, Kawasan Bukit Halimun, Jumat, 3 Juni 2022.

BACA JUGA:   Surat Teguran DLH Banggai Kepada PT Prima Belum Jelas Tindaklanjutnya

“Segera sosialisasikan, saya sudah bangun komunikasi pembangunan mall di kawasan Pasar Sentral Luwuk,” ujar Bupati Banggai.

Bupati Banggai mengungkapkan, terdapat dua opsi dalam pembangunan mall di atas lahan Pasar Sentral Luwuk. Pertama dengan dana pinjaman atau melibatkan investor.

“Kemungkinan pertama bangun sendiri dengan pinjaman dana, kedua kita libatkan pihak lain,” tuturnya.

Oleh sebab itu, orang nomor satu di Kabupaten Banggai tersebut meminta Kepala Dinas Perdagangan (Kadisdag) Kabupaten Banggai Hasrin Karim mulai menyosialisasikan dan memikirkan pemindahan pedagang.

“Mana Dinas Perdagangan, segera sosialisasikan. Mau dipindahkan ke mana bapak pikirkan. Tiba saatnya tanda tangan MoU kita laksanakan,” ujar Bupati Amirudin.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Banggai juga meminta penjelasan kepada Dinas PUPR terkait tinggi gedung yang diperbolehkan oleh ketentuan aturan.

BACA JUGA:   Dinsos Banggai Validasi Data Calon Penerima BANTU dan BLT-BBM, Asisten Nur: Tak Boleh Ada Pemotongan dan Manipulasi

“Kajian tentang tiga lantai masih berlaku atau tidak?,” tanya Bupati Banggai.

Pasalnya, Bupati Banggai Amirudin menginginkan agar dibangun enam atau lima lantai yang terdiri dari hotel dan mall.

“Dua lantai saya minta dibangun hotel ya,” ucapnya sebelum rapat ditutup secara resmi oleh Wabup Banggai Furqanuddin Masulili.

(SOF)