Wabup Banggai Hadiri Musrenbang RKPD Dirangkai HUT Ke 19 Bualemo

BUALEMO-BN. Wakil Bupati Banggai, Mustar Labolo menghadiri agenda kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Banggai dan Rembuk Stunting, serta dirangkaikan dengan HUT ke 19 Kecamatan Bualemo tahun 2020 yang dilaksanakan di Lapangan Desa Bualemo B, Kecamatan Bualemo, Selasa (18/2/2020).

Kegiatan itu dihadiri langsung Ketua, Wakil, dan para anggota DPRD Banggai, pimpinan satuan OPD dan Bidang Tekhnis, Camat Bualemo dan Aparat Desa se Kecamatan Bualemo, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan undangan lainnya. Hal ini dilansir Banggai News dari rilis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Banggai melalui Kasubag Humas, Publikasi dan Dokumentasi, Indra Kurniawan, Rabu pagi (19/2/2020).

Bupati Banggai, Herwin Yatim yang diwakili Wabup Mustar dalam sambutannya menyampaikan tentang infrastruktur pembangunan jalan yang ada di Kecamatan Bualemo ini. Jalan ini sesungguhnya ada tiga kategori kewenangan. Yaitu kewenangan pusat adalah jalan nasional, kewenangan provinsi adalah jalan provinsi, dan kewenangan kabupaten adalah jalan kabupaten dan jalan kantong produksi.

“Wilayah yang sekitar 198 km dari Salodik sampai wilayah kepala burung adalah jalan provinsi. Pemerintah Kabupaten Banggai telah berusaha melakukan pengawalan, koordinasi dan konsultasi. Mengusulkan usulan jalan wilayah Bualemo-Balantak ini ke Provinsi. Akan tetapi, baru sebagian yang terakomodir,” kata orang nomor dua di Kabupaten Banggai itu.

Olehnya, Pemerintah kedepan akan mengusulkan ke Kementerian PU RI dalam meningkatkan kelas jalan Bualemo-Balantak menjadi jalan nasional. Sehingga, alokasi anggarannya cukup besar.

Selain itu, Wabup Mustar mengungkapkan, bahwa ada lima program prioritas utama kita dalam perencanaan pembangunan pada tahun 2021. Yaitu pertama, pembangunan manusia berkualitas dan berbudaya serta pengentasan kemiskinan. Kedua, pembangunan infrastruktur wilayah dan pelayanan dasar untuk mengurangi kesenjangan. Ketiga, peningkatan daya saing daerah melalui optimalisasi sektor unggulan.

Selanjutnya yang keempat, penataan ruang, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan penanggulangan bencana. Serta yang kelima, peningkatan tata kelola pemerintahan yang inovatif, bersih dan melayani.

Ditambahkan, bahwa usulan-usulan kegiatan harus berkesesuaian dengan apa yang menjadi skala prioritas tahunan. “Dan pesan saya, mari kita selalu menggelorakan program Pinasa, untuk selalu menjaga kebersihan. Dan saya ucapkan selamatan berulang tahun Kecamatan Bualemo ke 19, selamat berbenah dan jangan lupa juga program Pinasa,” pesan Wabup Mustar.*SOF

Tinggalkan Komentar