AT-FM dan HATIMU Ikuti Tes Kesehatan di RSUD Luwuk

BANGGAINEWS.COM- Pasca berkas pendaftaran bakal pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Banggai pada pemilihan serentak tahun 2020 ini, dua dari tiga bakal pasangan calon yang berkas pendaftarannya telah resmi diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banggai.

Pada hari pertama dibukanya tahapan pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Luwuk. Bakal paslon Bupati, Amirudin Tamoreka dan Wabup, Furqanudin Masulili atau yang kerap disingkat AT-FM, dan bakal paslon Bupati, Sulianti Murad dan Wabup, Zainal Abidin Alihamu atau yang kerap disingkat Hatimu, telah mengikuti pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Luwuk, Senin pagi (7/9/2020) tadi.

Hanya saja sayangnya, Direktur RSUD Luwuk, dr Yusran yang dikonfirmasi awak media ini terkait apakah benar Pilkada tiga Kabupaten (Banggai, Touna, Banggai Laut) untuk pemeriksaan bakal paslon di RSUD Luwuk, lantas dijadwalkan masing-masing tanggal berapa? Ia hanya menyarankan untuk konfirmasi langsung ke dr Budianto selaku Sekretaris Tim Pemeriksa.

“Nanti wa dr budianto..sek tim pemeriksa,” katanya singkat melalui pesan WhatsApp sambil membagikan nomor WhatsApp yang bersangkutan, Senin siang.

Komisioner Divisi Sosialisasi KPU Banggai, Alwin Palalo yang dikonfirmasi terkait pukul berapa agenda bakal paslon melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Luwuk hari ini? Katanya, dari pukul 07.00 Wita pagi tadi.

Saat ditanya pada pukul 08.13 Wita, jadi saat ini apakah sudah ada bakal paslon yang sedang diperiksa, dan bakal paslon siapa yang pertama? Dan juga apa alasan sehingga bakal paslon belum melakukan pemeriksaan kesehatan Herwin Yatim-Mustar Labolo atau yang kerap disingkat Win-Star belum melakukan pemeriksaan kesehatan bersamaan di tanggal 7 September hari ini?

Kemudian jadi tanggal berapa bakal paslon Win-Star minta waktunya.. sementara kalau tak keliru penyampaian saat konferensi pers bahwa Kabupaten Banggai dijadwalkan bersamaan tanggal 7 dan Kabupaten lain Touna dan Banggai Laut (Balut) di tanggal lain atau seperti apa? Mantan Ketua Panwaslu Kabupaten Banggai itu, informasi dari Rumah Sakit beliau (Win-Star-red) yang minta. Kita jadwalkan hari ini. Waktu pemeriksaan dari tanggal 7 sampai dengan 11.

“Jadwal PKPU 4 sd 11 sory. Sudah disampaikan ketua ya. Nanti beliau saja yang dikonfirmasi tanggal 7 sd 11 ren waktu pemeriksaan kesehatan banggai,” katanya Alwin lagi.

Hal senada disampaikan Komisioner Divisi Teknis, Makmur Manesa. “Jadwal pemeriksaan kesehatan 4 sd 11 September 2020,” katanya singkat.

“Untuk banggai mulai tanggal 7 sd 11 september 2020,” tambah Makmur.

Demikian halnya, Ketua Komisioner KPU Kabupaten Banggai, Zaidul Bahri Mokoagow. Katanya, bahwa jadwal di PKPU tanggal 4-11 September 2020.

“Jadwal di PKPU tgl 4-11 Sept 2020,,untuk Banggai 7-11 Sept 2020,,untuk kepastian pelaksanaannya mengacu pd ketentuan di RS pak,” kata mantan komisioner Bawaslu Provinsi Sulteng itu.

Terpisah, dr Budianto selaku Sekretaris Tim Pemeriksa yang dikonfirmasi mengatakan, untuk pemeriksaan kesehatan hari ini bakal paslon Bupati dan Wabup Banggai pertama, Amirudin Tamoreka dan Furqanudin Masulili. Kedua, Sulianti Murad dan Zainal Abidin Ali Hamu. “Yang datang lebih dulu pasangan amirudin dan furqanudin,” katanya.

Lebih lanjut, dijelaskan dr Budianto, bahwa tahapan pemeriksaan yang sudah dilakukan hari ini adalah pemeriksaan jasmani, psikiatri dan bebas penyalahgunaan narkoba. “selanjutnya untuk tanggal 10 september akan dilakukan pemeriksaan psikologi,” jelasnya.

Ditanya terkait apakah bakal paslon di Kabupaten Banggai khusus Herwin Yatim dan Mustar Labolo memang telah dijadwalkan melakukan pemeriksaan kesehatan tak bersamaan pagi tadi atau seperti apa? Kata dia, untuk pasangan Herwin Yatim dan Mustar Labolo terjadwal tanggal 10 pemeriksaan psikologi dan tanggal 11 pemeriksaan jasmani, psikiatri, dan bebas penyalahgunaan narkotika.

Selain itu terkait jadwal ditentukan pihak RSUD Luwuk, KPU ataukah menyesuaikan dengan pemberitahuan kesiapan bakal paslon masing-masing? dr Budianto menegaskan, bahwa berdasarkan koordinasi RSUD Luwuk dengan KPU.

“Hasil koordinasi RSUD dengan KPU,” tegasnya melalui pesan WhatsApp kepada awak media ini.*SOF

Tinggalkan Komentar