Diduga Pengurus Parpol, Tiga Calon Paswascam Belum Dilantik

LUWUK-BN. Tiga calon anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Banggai yang belum dilantik, dan diambil sumpah secara bersamaan dengan sejumlah 66 orang lainnya karena diduga merupakan pengurus Partai Politik (Parpol).

Menurut Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banggai, Muh Adamsyah Usman, bahwa dua diantaranya yaitu atas nama Noprio Nento dan Siskawati Djibran yang belum dilantik karena diduga sebagai Pengurus Parpol. Pihaknya sudah melakukan proses klarifikasi kepada masing-masing. Dan keduanya menyatakan, bahwa mereka bukan sebagai Pengurus Parpol. Melainkan diduga hanya dicatut namanya sebagai Pengurus Parpol.

“Noprio Nento adalah seorang anggota BPD yang pada pemilihan anggota BPD terakhir belum lama ini, sudah tidak terpilih lagi. Jadi mana mungkin bisa seorang anggota BPD kalau sebagai Pengurus Parpol. Sementara itu, Siskawati adalah seorang tenaga honorer yang sudah hampir tujuh tahun mengabdi di SMP 7 Pagimana. Dan sebagai Wali Kelas, serta terdaftar sebagai salah satu penerima Honor Daerah (Honda),” ujarnya saat dikonfirmasi dua awak media.

Dan untuk satu orang lagi calon anggota Panwascam Balantak atas nama Rianto Sahip, sambung Muh Adamsyah, akan menyusul dipanggil oleh pihaknya untuk diproses klarifikasi terlebih dahulu. Sebab, hal ini menyangkut dengan hak azasi seseorang yang tidak bisa dihalangi oleh siapapun. Yaitu hak untuk hidup, bekerja, dan lainnya.

Selain itu, ia juga menambahkan alasan mereka tetap meluluskan ketiga calon anggota Panwascam tersebut, yaitu atas dasar pihaknya telah mengecek ke Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Bahwa memang tidak ada terdapat nama ketiganya dalam pengurusan Parpol masing-masing seperti yang disoal. Bahkan sebelumnya mereka juga telah menyurat ke instansi terkait, dalam hal ini Kesbangpol Banggai sekaitan dengan nama-nama calon anggota Panwascam. Dan telah dinyatakan, jika sejumlah 69 nama calon anggota Panwascam se Kabupaten Banggai memang clear dan tidak ada persoalan. Sehingga, bersyarat mengikuti seluruh tahapan test hingga dinyatakan lulus.

“Dan satu lagi intinya sejak awal proses perekrutan calon anggota Panwascam sudah kami laksanakan sesuai tahapan dan ketentuan. Tidak saja telah melalui pengumuman secara terbuka, juga dibukakan ruang bagi publik di Kabupaten Banggai untuk memberikan sanggahan atau tanggapan terkait daftar nama-nama calon. Dan tidak ada sama sekali tanggapan yang masuk. Sehingga, kenapa nanti pada saat sudah akan dilantik barulah muncul tanggapan. Cobalah dipikir sendiri secara rasional, ada apa?,” tutup Adamsyah saat ditemui di lobby Hotel Santika Luwuk usai menghadiri agenda kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah anggota Paswascam se Kabupaten Banggai, Senin (23/12) kemarin.*SOF

Tinggalkan Komentar