BANGGAINEWS

Direktur dan Direksi Perumda Air Minum Resmi Dilantik, Ini 8 Poin Penting Bupati Banggai!

BANGGAINEWS.COM- Bupati Banggai Ir. H. Amirudin didampingi Wakil Bupati Banggai Drs. Furqanuddin, M melantik secara resmi direktur dan direksi Perusahaan Umum Daerah (PERUMDA) Air Minum Kabupaten Banggai, Jumat (3/9/2021).

Kegiatan yag dilaksanakan di ruang rapat umum setda Kabupaten Banggai, turut dihadiri Wakil Ketua I DPRD Hj. Batia Sisilia Hadjar, Kajari Banggai Masnur, Kabag Ops Laata, Kasdim 1308/LB Red Abner, Sekda Ir. Abdullah Ali, M.Si, para Asisten, staf ahli, staf khusus, para Kabag setda Banggai, para pimpinan OPD, Rektor UMLB, Pimpinan Perbankan, serta tim Pansel Perumda.

Kegiatan diawali dengan pembacaan surat keputusan Bupati Banggai tentang pengangkatan direktur dan direksi Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PERUMDA) Kabupaten Banggai, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan oleh Bupati Banggai dan dilanjutkan dengan penanda tanganan berita acara sumpah jabatan.

Adapun nama-nama Direktur dan Direksi Perumda Kabupaten Banggai yang baru dilantik yakni:

  • Bachrudin Amir, SH (Direktur Utama Perumda)
  • Ferdi Saajad, ST (Direktur Tekhnik)
  • Moh. Rivai D. Karim (Direktur Administrasi dan Keuangan)
  • Romy Botutihe, ST (Direktur Pelayanan).

Bupati Banggai Ir. H Amirudin dalam sambutan tertulisnya menyampaikan pelantikan saudara saudara selaku pejabat direktur Perusahaan Umum Daerah Air Minum Kabupaten Banggai yang kita lakukan hari ini, merupakan bagian akhir dari suatu proses yang panjang dan menyita waktu. Dalam proses rekrutmen yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Banggai untuk pertama kalinya dilakukan melalui proses seleksi terbuka dengan mekanisme uji kepatutan dan kelayakan (FIT AND PROPER TEST) yang penjaringannya di mulai tanggal 5 Juli 2021 lalu.

BACA JUGA:   3 Orang Luka-luka, Begini Kronologis Lengkap Kecelakaan Pick UP di Jembatan Kalumbangan!

“Ada beberapa hal penting baik dari sisi internal maupun eksternal yang harus menjadi catatan dan perhatian oleh Direktur baru, dalam rangka penyehatan perumda Kabupaten Banggai, yaitu :

  1. Tingkat pendapatan Perumda yang terus merosot sehingga berdampak pada kemampuan oprasional perusahaan dalam menutupi beban usaha
  2. Tingginya tingkat kebocoran atau kehilangan air diatas ambang batas yang dapat ditoleransi
  3. Tingginya piutang usaha perusahaan yang berpengaruh pada pendapatan usaha
  4. Tingkat pelayanan yang di berikan kepada masyarakat masih belum memenuhi standar kepuasan yang di inginkan khususnya berkaitan dengan kontinyuitas dan kualitas air bersih yang diproduksi dan di distribusikan.
  5. Ketidakmampuan untuk melakukan investasi kembali (RE-INVESTASI) dalam bentuk pekerjaan infrastruktur jaringan baru melalui pendanaan secara mandiri.
  6. Efisiensi belum dilakukan secara maksimal untuk menekan besarnya biaya operasional perusahaan.
  7. Karyawan tidak diberdayakan secara optimal sesuai dengan tugas dan fungsinya sehingga berpengaruh pada kinerja perusahaan secara keseluruhan.
  8. Karyawan jarang mendapat kesempatan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitasnya dalam bentuk pelatihan teknis yang di sesuaikan dengan tugas dan fungsinya”.
BACA JUGA:   Mobil Pick Up 'Adu Banteng' di Jembatan Perbatasan Nuhon-Bunta Banggai Berbuntut Kebakaran

“Hal-hal yang baru saya sampaikan diatas merupakan tantangan dan tugas berat yang harus mampu di selesaikan oleh seorang direktur dengan dukungan karwayan secara keseluruhan, peran karyawan menjadi sangat penting dalam sebuah perusahaan ketika dalam melaksanakan tugas dan fungsinya di ikuti dengan kemampuan kompetensi”.

“Pesan saya kepada saudara-saudara jadikan jabatan ini sebagai tanggung jawab, kepercayaan dan amanah atas kompetensi dan kapasitas saudara, sehingga saudara-saudara lebih termotivasi untuk berbuat yang terbaik bagi perusahaan dan karyawan, selain itu seorang direktur harus menyadari bahwa keberhasilan dalam mengelola sebuah perusahaan untuk mencapai tujuan yang di inginkan, tidak terlepas adanya dukungan, bantuan dan peran dari berbagai pihak, untuk itu bangun koordinasi dan komunikasi yang baik dengan stakeholder yang berkepentingan baik dilingkungan internal maupun eksternal perusahaan”.

BACA JUGA:   Perhatian! Keluarga Korban Kecelakaan di Halimun Harap Sopir Truk Sampah di Hukum Berat, Ini Alasannya!

“Pada kesempatan ini, saya menyampaikan ucapan selamat kepada saudara-saudara selaku Direktur Perumda Kab. Banggai yang baru, dan telah dipilih oleh Pemerintah Kabupaten Banggai dan diberikan kepercayaan untuk mengemban suatu jabatan dan kepercayaan yang di embankan pada pundak saudara-saudara agar dapat dilaksanakan dengan menunjukkan prestasi, dedikasi dan loyalitas yang tinggi, serta tunjukkan bahwa saudara-saudara memang benar-benar orang pilihan, dengan mewujudkan berbagai program kerja yang direncanakan dalam waktu yang cepat, disertai dengan cara yang tepat serta mampu melakukan terobosan dan ide-ide kreatif bagi kemajuan perusahaan” tutup Bupati dalam sambutan tertulisnya.

(CR1/*)

Tinggalkan Komentar