DPRD Banggai Gelar Paripurna LKPJ Bupati Melalui Vidcon

BANGGAINEWS.COM- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banggai menggelar rapat paripurna membahas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Banggai tahun 2019, Selasa (21/4/2020). Dalam rapat paripurna dengan menggunakan video conference (Vidcon) tersebut, dipimpin langsung Ketua, Suprapto dihadiri Wakil Ketua I, Batia Sisilia Hadjar dan Wakil Ketua II, Samsulbahri Mang, serta beberapa anggota DPRD Banggai.

Sementara itu di tempat terpisah, tepatnya di Ruang Rapat Khusus Kantor Bupati Banggai, dipimpin langsung oleh Bupati Banggai, Herwin Yatim. Turut hadir Dandim 1308/LB, Letkol Inf Fanny Pantouw, Kapolres Banggai yang diwakili AKP Zainuddin, Sekda Kabupaten Banggai, Ir Abdullah, Asisten II, Asisten III, Kepala Bappelitbangda, Kepala BPKAD, Kadiskominfo, Kabag SDA, Kabag Bipram, Kabag Ekonomi, serta Kabag Prokopim Setdakab Banggai bersama staf.

Seperti dilansir awak media ini dari rilis Kepala Bagian Protokol Pimpinan (Prokopim) Setdakab Banggai melalui Kasubag Dokumentasi Pimpinan, Indra Kurniawan. Dalam kesempatan itu, Bupati Banggai, DR Ir H Herwin Yatim MM membacakan Nota Pengantar LKPJ Bupati Banggai tahun anggaran 2019 yang merupakan pelaksanaan tahun ke empat dari RPJMD. Diantaranya, berdasarkan RPJMD tahun 2016-2021. Visi Pemkab Banggai “Mewujudkan Kabupaten Banggai sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi, Pertanian, dan Kemaritiman Berbasis Kearifan Lokal dan Budaya”, yang dijabarkan ke dalam enam Misi.

Yaitu pertama, menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih menuju pemerintahan yang berwibawa. Kedua, mengembangkan pertanian melalui pemanfaatan technologi. Ketiga, mengembangkan sector kemaritiman berbasis potensi wilayah. Keempat, mewujudkan penyediaan infrastruktur yang berkualitas dan merata. Kelima, mewujudkan pengembangan nilai-nilai agama, kearifan lokal dan budaya. Keenam, meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan daya saing daerah.

Mendasari permasalahan pembangunan dan isu-isu strategis daerah tahun 2018, Tema Pembangunan Nasional, serta Program Prioritas Provinsi dan Nasional. Ditetapkanlah Tema Pembangunan Daerah tahun 2019, yaitu “Menjaga Momentum Pertumbuhan Untuk Pemerataan Pembangunan” yang kemudian dijabarkan menjadi prioritas daerah sebagai berikut. Pertama, pengurangan kemiskinan melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia dan peningkatan pelayanan dasar. Kedua, pengembangan potensi unggulan daerah. Ketiga, percepatan penyediaan infrastruktur untuk mengatasi kesenjangan antar wilayah. Dan yang terakhir atau keempat, reformasi birokrasi.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut juga disebutkan capaian-capaian Pemkab Banggai tahun 2019. Diantaranya, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mencapai 68,78 persen, angka kemiskinan tahun 2019 mampu diturunkan menjadi 7,80 sebesar 2 digit, tingkat pengangguran terbuka mampu dikurangi hingga mencapai 2,20 persen, dan lainnya.

“Kita patut berbangga dengan segala capaian yang ada, namun semua itu bukanlah tujuan utama kita, karena hal tersebut justru harus menjadi pemicu dan motivasi untuk lebih memajukan daerah yang kita cintai ini,” kata Bupati Herwin masih seperti dilansir dari rilis.*SOF

Tinggalkan Komentar