BANGKEPDAERAHNEWS

Kapolsek Bulagi Inisiasi Pengumpulan Donasi Untuk Pembelian Kursi Roda Warga Disabilitas dan SLB Salakan

BANGGAINEWS.COM- Sebagai abdi masyarakat, Kepolisian juga di tuntut menjadi motor penggerak disetiap sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, termasuk juga terkait kepedulian kemanusiaan.

Kapolres Banggai Kepulauan AKBP Bambang Herkamto, SH melalui Kapolsek Bulagi IPDA Muh. Ruhil Newton Sugiarto, SH., saat dikonfirmasi oleh media ini menyampaikan, bahwa kepedulian dan empati kepada kemanusiaan harus terus di gaungkan dan di gelorakan oleh setiap orang apalagi sebagai seorang anggota Kepolisian, telah menjadi salah satu tugas Pokok Polri yakni melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat termasuk warga masyarakat yang berkebutuhan khusus atau disabilitas.

Hal ini, lanjut Kapolsek, terlihat dimana pada saat selesai pelaksanaan kegiatan Upacara Pembukaan Porseni dalam rangka HUT PGRI Ke-77 dan HGN Tahun 2022 tingkat Kab. Banggai Kepulauan yang di pusatkan di Desa Lolantang Kec. Bulagi Selatan Kab. Banggai Kepulauan dilaksanakan Pengumpulan Donasi dari peserta upacara dan tamu undangan lainya untuk Pembelian Kursi Roda dan Santunan Tali Asih Untuk Sekolah Luar Biasa Salakan beberapa waktu lalu.

Kapolsek mengatakan bahwa kegiatan Pengumpulan Donasi ini merupakan bentuk rasa kepedulian dan empati kepada sesama anak bangsa, dimana awalnya beberapa minggu lalu anggota Polsek Bulagi melaksanakan kegiatan Baksos pembagian sembako dan di temukan seorang warga yakni Pr. Nurma Liada, Umur 23 Tahun, alamat Desa Lalanday Kec. Bulagi mengalami kekurangan atau disabilitas / cacat sejak lahir yang mana tidak memiliki pergelangan tangan termasuk jari tangan dan tidak memiliki kaki mulai dari lutut sampai ke jari kaki. Melihat hal tersebut muncul rasa empati yang mendalam untuk dapat memberikan bantuan berupa sebuah Kursi Roda agar dapat di gunakan untuk membantu mempermudah mobilitas yang bersangkutan, namun dikarenakan masih belum cukupnya dana dari hasil patungan anggota Polsek Bulagi untuk membeli Kursi Roda, niat tersebut kemudian di tangguhkan sementara waktu menunggu dana terkumpul untuk mencukupi pembelian unit kursi roda tersebut, ucap Kapolsek dengan pangkat balok satu di pundaknya tersebut.

BACA JUGA:   Ketua Komisi I DPRD Bangkep Geram Soal Surat Imbauan Kadis Sosial

Bertepatan dengan pelaksanaan kegiatan Upacara Pembukaan Porseni dalam rangka HUT PGRI Ke-77 dan HGN Tahun 2022 tingkat Kab. Banggai Kepulauan pada 21 November 2022 kemarin, kami yang di undang oleh PGRI untuk hadir pada upacara tersebut kemudian menyampaikan maksud dan tujuan kepada Ketua PGRI Kabupaten Bangkep IRWAN RK. BIDUL, S.Pd, agar setelah pelaksanaan upacara pembukaan selesai dapat dilakukan Pengumpulan Donasi untuk pembelian Kursi Roda dan hal tersebut langsung di setujui oleh Ketua PGRI Bangkep. 

BACA JUGA:   Lagi, JOB Tomori Ukir Prestasi di The 3rd International Convention of Indonesia Upstream Oil and Gas 2022

Kemudian setelah pelaksanaan upacara dilakukanlah pengumpulan donasi dari peserta upacara dan tamu undangan dan juga dari tenaga Kesehatan Puskesmas Bulagi dan Puskesmas Lolantang, dan dari hasil sumbangan donasi tersebut kemudian di belikan Kursi Roda dan sebagian donasi tersebut di peruntukkan untuk Sekolah Luar Biasa Salakan, ujar Kapolsek yang masa kecilnya dihabiskan di Desa Patukuki Kec. Peling Tengah Kab. Bangkep.

Kapolsek menambahkan bahwa sumbangan donasi tersebut bersifat sukarela tanpa ada paksaan mulai dengan kelipatan Rp. 2.000 (Dua Ribu Rupiah), dan Syukur Alhamdulillah keseluruhan hasil sumbangan donasi tersebut dapat membantu saudara-saudara kita yang berkebutuhan khusus, selanjutnya pada 26 November 2022 setelah selesai pelaksanaan upacara penutupan Porseni dalam rangka HUT PGRI Ke-77 dan HGN Tahun 2022 tingkat Kab. Banggai Kepulauan kemudian di serah terimakan kursi roda tersebut kepada Nurma Liada dan Pemberian Santunan Tali Asih yang diterima oleh Kepada Kepala Sekolah Luar Biasa Salakan dan di saksikan oleh seluruh peserta upacara dan tamu undangan lainya, kata Kapolsek yang hoby dengan adventure tersebut.

BACA JUGA:   APBD Banggai TA 2023 Terdongkrak Kembali Capai 2,2 Triliun Lebih

Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada PGRI Kab. Bangkep, Tenaga Kesehatan Puskesmas Bulagi, Tenaga Kesehatan Puskesmas Lolantang, tamu undangan serta anggota Polsek Bulagi yang telah ikut berpartisipasi membantu untuk menggalang dana donasi sehingga dapat di rasakan oleh saudara-saudara kita yang memang membutuhkan kita semua, dan melalui kesempatan ini kami juga mengajak serta menghimbau agar kita semua selalu peduli dengan sesama kita dengan terus berpegang dalam semangat Montolutusan, karena sebaik baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainya, tutup Kapolsek.

(DUL)

Dapatkan informasi lainnya di Googlenews, klik: Banggai News