Komisioner Bawaslu RI Beri Kuliah Umum di Kampus UML

Sutrisno K Djawa

LUWUK-BN. Rektorat Universitas Muhammadiyah Luwuk (UML) memfasilitasi kuliah umum yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banggai dengan menghadirkan Komisioner Bawaslu RI, Dr Ratna Dewi Pettalolo, SH. MH sebagai Narasumber, bertempat di halaman kampus yang berada di Jalan KH Ahmad Dahlan, Luwuk, Senin (17/2/2020).

Tema yang diangkat pada kuliah umum itu, yakni “Peran Perguruan Tinggi Dalam Mewujudkan Pilkada Berintegritas”. Adapun pesertanya yakni terdiri dari Dosen dan Mahasiswa yang berjumlah sekira 100 orang.

Agenda kegiatan kuliah umum yang meskipun berlangsung singkat itu, sangat diapresiasi para akademisi. Utamanya sekaitan dengan bagamana integritas penyelenggara Pilkada serentak (Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng, Bupati dan Wakil Bupati Banggai) dalam hal ini KPU. Dan Bawaslu sebagai pengawas Pilkada. Yaitu tak lain dan tak bukan, dalam menjamin Pilkada bisa Langsung, Bebas, dan Rahasia (Luber), serta Jujur dan Adil (Jurdil).

“Pihak akademisi sangat mengapresiasi kuliah umum dari Bawaslu bagaimana integritas penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU dan Bawaslu sebagai pengawas Pemilu, agar Pemilu bisa Langsung, Bebas, dan Rahasia. Disamping itu, Perguruan Tinggi siap bekerjasama dengan Bawaslu dalam proses pengawalan Pilkada,” kata Akademisi UML, Sutrisno Sutrisno K Djawa kepada awak media ini, Senin malam (17/2/2020).

Dan sebagai clossing stetmen, Om No sapaan akrabnya menambahkan, bahwa integritas tanpa regulasi adalah buta, regulasi tanpa integritas adalah sesat.

“Integritas tanpa regulasi adalah buta, regulasi tanpa integritas adalah sesat,” tandas salah satu dosen yang juga dipercayakan sebagai Wakil Rektor (WR) II UML itu.*SOF

Tinggalkan Komentar