KPU Banggai Programkan ‘Desa Anti Politik Uang’

LUWUK-BN. Jelang pelaksanaan hajatan Pilkada Serentak pada 23 September 2020 nanti, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banggai dalam waktu dekat akan mensosialisasikan terkait program Desa Anti Politik Uang.

Hal ini disampaikan Ketua Bawaslu, Bece Abd Junaid kepada tiga wartawan di ruang Koordinator Sekretariat Bawaslu Banggai, Jumat sore kemarin.

Menurutnya, saat ini dirinya akan menuju Desa Bubung, Kecamatan Luwuk Selatan, dalam rangka untuk koordinasi guna persiapan program tersebut.

“Posko pengaduan saat ini memang sudah mulai kita buka di Sekretariat Bawaslu Banggai. Dimana nantinya pengaduan yang masuk, akan diproses lanjut oleh Divisi Pengaduan Pelanggaran,” ungkap Ketua Bece.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, untuk lebih memaksimalkan tugas pengawasan hingga ke tingkat paling bawah sekaitan dengan kerawanan politik uang. Sehingganya, mereka memprogramkan desa anti politik uang. Kemudian akan ditindaklanjuti dengan pembentukan posko pengaduan, sebelum nantinya juga akan dideklarasikan.

Dan kalau sudah ada posko pengaduan di desa masing-masing bagian dari program tersebut, sambung Ketua Bece, akan mendukung pensosialisasian lebih lanjut apa yang dimaksudkan politik uang. Dimana antara lain akan dijelaskan sekaitan bahwa tidak hanya pasangan calon (paslon) sebagai Pemberi, tetapi juga Penerima akan dikenakan sanksi hukum atas pelanggaran.

“Setiap minggu kami akan turun untuk  mensosialisasikan dengan mengundang masyarakat. Sehingga, masyarakat dapat mendengarkan dan mengetahui langsung larangan-larangan jelang Pilkada Serentak mendatang,” ungkapnya.

Saat ditanya kenapa Desa Bubung yang dipilih sebagai tempat pelaksanaan koordinasi program itu? Ujarnya, hanya sebagai langkah awal untuk persiapan sebelum nantinya akan dideklarasikan.

Sementara itu, Koorsek Bawaslu Banggai, Ruhaida Pawari menambahkan, jika pemilihan tempat koordinasi di Desa Bubung yaitu dikarenakan desa tersebut dinilai sebagai salah satu pintu masuk.

“Dengan adanya program Desa Anti Politik Uang, harapannya mereka masyarakat yang sudah tahu, dan sadar. Sehingga, mereka akan lebih proaktif datang melaporkan ke posko pengaduan,” harap Ketua Bece, dan turut diamini Korsek Ida sapaan akrab istri Kabag Sumda Polres Bangkep itu.*SOF

Tinggalkan Komentar