Kunjungi Perbatasan Banggai-Touna, Bupati Tekankan Perketat Pengawasan Orang

BANGGAINEWS.COM. Bupati Banggai, Herwin Yatim menekankan kepada Tim Satgas untuk memperketat pengawasan terutama orang. Pernyataan tersebut disampaikan Bupati saat mengunjungi wilayah perbatasan dengan Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) di Desa Ogu Balingara, Kecamatan Nuhon, Kabupaten Banggai, Sabtu (4/4/2020).

Informasi ini dilansir awak media ini dari rilis Kabag Humas dan Protokol Setdakab Banggai, Ferry R Ledder melalui Kasubag Dokumentasi Pimpinan, Indra Kurniawan, Sabtu malam tadi pukul 23.31 Wita.

Pada kesempatan itu, Bupati Herwin mengecek langsung Tim Satgas Covid-19 yang menjaga di wilayah perbatasan. Termasuk juga mengecek perlengkapan kesehatan, dan memantau arus kendaraan dan orang yang keluar masuk Kabupaten Banggai.

Adapun yang ditekankannya kepada Tim Satgas Perbatasan, untuk memperketat pengawasan terutama orang. “Diperiksa secara ketat. Ditanya riwayatnya dari mana. Apalagi dari Zona Merah kita perketat. Kalau perlu jangan diberi izin masuk Banggai. Ini harus dimaklumi oleh masyarakat. Saya sebagai penanggungjawab daerah, harus menjaga masyarakat Kabupaten Banggai agar selalu sehat dan terhindar dari wabah Covid-19. Jangan karena kepentingan satu dua orang dikalahkan oleh kepentingan seluruh masyarakat Kabupaten Banggai,” tekan Bupati Herwin.

Para Camat, Kapolsek, Danramil harus tegas memback up Pemerintah dalam hal penjagaan perbatasan ini, sambungnya, apabila kita jalan sendiri-sendiri maka yang terjadi wabah akan mudah masuk di Kabupaten Banggai.

Terkait bahan pangan misalnya beras, gula dan lainnya, Bupati Herwin menambahkan, agar jangan diberi izin keluar. “Kita prioritaskan Kabupaten kita dulu. Apabila, Tim Satgas Perbatasan lengah menjaga ini, dan kendaraan pengangkut beras dari Kabupaten Banggai bebas keluar. Maka yang terjadi harga beras di Luwuk naik. Olehnya, saya sangat menekankan ini,” tandasnya.

Intinya, Bupati Herwin mengharapkan kepada Satgas Perbatasan, selain pemeriksaan kesehatan. Diperketat juga pemeriksaan muatan pangan. Kalau ada pengusaha yang memanfaatkan moment ini untuk menjual keluar, dan mengambil keuntungan pribadi, maka wajib ditindak tegas.

Setelah memeriksa Tim Satgas Perbatasan, dan memeriksa seluruh perlengkapan kesehatan seperti halnya yang dilakukan saat mengunjungi wilayah perbatasan dengan Kabupaten Morowali Utara (Morut). Tepatnya di Desa Lembah Kramat, Kecamatan Toili Barat. Saat itu, Bupati Herwin juga mengetes langsung Thermo Gun atau ‘Pistol’ pengukur suhu tubuh, untuk memastikan apakah berfungsi dengan baik. Dan juga sempat memerintahkan kepada Petugas Kesehatan, untuk menyemprotkan cairan disinfektan kepada seluruh rombongan termasuk dirinya.

Turut mendampingi orang nomor satu di Kabupaten Banggai itu, yakni Asisten I Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banggai, Yudi Amisudin, Kadisperkimtan, Kabag Humas bersama staf, Kabag Umum, Sekretaris Satpol PP, Camat Nuhon beserta jajarannya, Kapolsek Nuhon beserta jajarannya, Danramil Nuhon beserta jajarannya, dan para Relawan Covid-19 Perbatasan. *SOF

Tinggalkan Komentar