Update Covid-19, ODP di Kabupaten Banggai Berkurang

BANGGAINEWS.COM. Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Banggai melalui Juru Bicara, Nurmasita Datu Adam menyampaikan laporan terbarunya per tanggal 04 April 2020 pukul 13.59 Wita, bahwa jumlah ODP di Kabupaten Banggai tetap seperti Jumat kemarin yaitu ODP 20 orang. Dimana ODP satu sampai tiga dinyatakan sembuh.

Selanjutnya yang telah dilakukan Tim Gugus Tugas Covid-19 terbaru, masih berdasarkan laporan per hari ini tersebut yang dibagikan melalui Grup WhatsApp, Media Center Covid-19, yaitu penyemprotan desinfektan di TTU Desa Bombanon, Kecamatan Mantoh. Sementara yang tetap dilakukan secara rutin yakni pendataan dan pemeriksaan suhu pada pelaku perjalanan yang baru datang dari daerah beresiko, dan pendataan dan pemeriksaan suhu di wilayah perbatasan Kecamatan Nuhon dan Toili Barat.

Sementara itu, berdasarkan Laporan Surveilans Covid-19 Kabupaten Banggai Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang diteruskan Kepala Dinas Kesehatan, dr Anang Otoluwa. Update, 4 April 2020 pukul 16.00 Wita. Positif 0, 1 PDP 1 Negatif, dan 20 ODP 3 Sembuh. Rinciannya terdapat pada tujuh Kecamatan di Kabupaten Banggai. Masing-masing di Kecamatan Toili Barat, PDP satu Negatif satu. Kecamatan Batui, ODP 10 Sembuh dua. Kecamatan Kintom, ODP tiga. Kecamatan Luwuk, ODP dua Sembuh satu. Kecamatan Luwuk Utara, ODP dua. Kecamatan Luwuk Timur, ODP dua. Kecamatan Lobu, ODP satu.

Sehingga berdasarkan laporan dari proses pengumpulan, pengolahan, analisis dengan menggunakan metode data secara sistemik, dan terus menerus serta penyebaran informasi tersebut, terdapat 16 Kecamatan di Kabupaten Banggai yang untuk sementara dinilai masih steril dari penyebaran coronavirus disease (Covid-19).

Meski begitu, tetap waspada namun tak perlu panik atau ketakutan berlebihan.Langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan secara disiplin dimulai dari diri masing-masing, antara lain tinggal di rumah atau membatasi aktivitas di luar, menjaga jarak atau kontak fisik dengan orang lain maupun dengan hewan peliharaan, menjaga daya tahan tubuh dengan berolahraga, makan makanan bergizi dengan memenuhi kebutuhan dan mineral seperti vitamin C dan D.

Selain itu, hidup bersih dengan membiasakan seperti mencuci tangan sesering mungkin, membersihkan permukaan benda yang sering disentuh, menggunakan masker atau menutupi batuk dan bersin dengan minimal seperti menggunakan tisu yang harus selalu disiapkan, jika demam, batuk atau susah bernafas segera menghubungi fasilitas kesehatan terdekat dan berkonsultasi dengan tenaga medis.*SOF

Tinggalkan Komentar