Tukin ASN Banggai Siap Dibayarkan

BANGGAINEWS.COM. Jika sebelumnya menurut informasi, baru sekira 10 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau instansi di lingkup Pemkab Banggai yang telah memasukkan Surat Permintaan Pembayaran (SPP), dan Surat Perintah Membayar (SPM) dari pejabat yang bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan atau bendahara pengeluaran untuk mengajukan permintaan pembayaran Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) atau yang kerap disebut Tunjangan Kinerja (Tukin).

Kepala Bidang Perbendaharaan BPKAD Banggai, Edy Pede yang dikonfirmasi kembali terkait progresnya, Jumat (3/4/2020) menyatakan, bahwa saat ini sudah sekira 80 persen dari total instansi lingkup Pemkab Banggai yang telah memasukkan SPP dan SPM. Sehingga, TPP nya sudah siap untuk dibayarkan.

“Tidak saja OPD, termasuk juga instansi seperti Pemerintah Kecamatan se Kabupaten Banggai. Pokoknya yang sudah memasukkan, langsung kami proses. Dan hari ini sudah SP2D,” terangnya kepada awak media ini, Jumat siang tadi.

Ditanya TPP tahun anggaran 2020 ini untuk bulan berapa saja yang sudah siap dibayarkan? Kata dia, sebagian besar untuk dua bulan yakni Januari dan Februari.

“Sebagian besar untuk dua bulan Januari dan Februari. Akan tetapi, kalau sudah ada yang memasukkan laporan sebagai syarat permintaan pembayaran untuk tiga bulan hingga Maret. Kalau memang telah bersyarat, dan lengkap maka akan tetap langsung mereka proses pencairan,” ucap Kabid Edy lagi.

Bahkan termasuk belanja rutin lain juga sudah ada yang jalan. Sementara itu, saat disinggung bagaimana dengan Tunjangan Sertifikasi Guru tahun anggaran 2020? Masih kata dia, saat ini pihaknya tinggal menunggu transferan dari pusat pada Rekening Kas Umum Negara (RKUN) masuk ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Kabupaten Banggai.

“Intinya, depe proses semua sudah dilaksanakan. Jadi tinggal menunggu transferan dari pusat masuk ke kas daerah. Cuma memang kan seperti di tahun-tahun anggaran sebelumnya, triwulan I dibayarkan April,” tutup Kabid Edy yang ditemui saat berada di ruang kerjanya.*SOF

Tinggalkan Komentar