Pemkab Banggai Sambut Positif Seminar Reforma Agraria di Daerah

BANGGAI NEWS

BANGGAINEWS.COM- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Banggai melalui Bupati Banggai H Amirudin menyatakan, menyambut positif Seminar Reforma Agraria yang dilaksanakan Kolektif Pemuda Sulawesi Tengah (Sulteng) di salah satu di kota Luwuk, Rabu (16/6/2021), dengan mengangkat tema “Implementasi Kebijakan Reforma Agraria di Daerah”.

Bupati Amir saat membuka seminar dalam sambutannya antara lain menyatakan, kegiatan itu dipandang sebagai wujud nyata atas kepedulian dalam membangun kerjasama dengan Pemda sebagai langkah untuk merespek Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria yang menjelaskan seluruh bumi, air dan ruang angkasa adalah merupakan tanggungjawab negara, termasuk kekayaan alam yang terkandung didalamnya.

Dan dalam rangka mengurangi ketimpangan struktur penguasaan, pemilikan, penggunaan tanah, pemberdayaan masyarakat dalam pemanfaatan aset tanah dan penguatan hak masyarakat atas tanah atau hutan adat, pemerintah telah mencanangkan program reforma agraria.

“Berkenaan dengan permasalahan dan sengketa pertanahan yang dihadapi, perlu penanganan dan penyelesaian secara komprehensif. Karena banyak kasus sengketa maupun perkara pertanahan, sudah banyak yang berlarut-larut dan menyita waktu kita,” kata Bupati Amir.

Harapannya tentu dengan terdaftarnya seluruh bidang tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dapat mencegah terjadinya sengketa di kemudian hari.

Terkait dengan pelaksanaan seminar itu selaku pimpinan daerah Kabupaten Banggai, dirinya berharap kegiatan itu dapat membuahkan hasil sebagaimana yang diharapkan bersama. Dan kepada peserta diharapkan akan dapat memahami prosedur dan mekanisme serta pentingnya reforma agraria.

(SOF)

Tinggalkan Komentar