Pilkada 2020, Realisasi NPHD Pemkab Banggai Sudah 100 Persen

BANGGAINEWS.COM- Progres realisasi penyaluran Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Banggai termasuk dari 234 Pemda diantaranya Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang telah mencairkan 100 persen dana hibah baik kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banggai, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan pihak pengamanan (PAM) masing-masing TNI maupun Polri.

Dikutip dari rilis pers Puspen Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Jumat (14/8/2020) pekan kemarin. Hingga saat ini terdapat 234 Pemerintah Daerah (Pemda) yang telah berhasil transfer 100% dana NPHD untuk KPU, di antaranya Provinsi Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, dan Sulawesi Tengah.

Kemudian data Kemendagri juga mencatat terdapat 240 Pemda yang telah berhasil transfer 100% dana NPHD untuk Bawaslu. Di antaranya Provinsi Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, dan Sulawesi Tengah.

Terakhir, sesuai catatan Kemendagri terdapat 75 Pemda yang sudah berhasil 100% merealisasikan NPHD nya untuk pihak PAM, di antaranya Provinsi Sumatera Barat, Jambi dan Kalimantan Tengah.

Terkait rilis pers Puspen Kemendagri tersebut, Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Banggai, Judi Amisudin, Jumat siang (14/8/2020) mengatakan, bahwa Pemda Kabupaten Banggai termasuk salah satu Pemda Kabupaten yang telah merealisasikan NPHD nya 100 persen.

Terpisah, sebelumnya pihak Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Banggai melalui salah satu staf Bidang Anggaran kepada awak media ini menyatakan hal senada. Bahwa saat ini Pemda Kabupaten Banggai sudah merealisasikan NPHD untuk pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 secara keseluruhan 100 persen. Termasuk yang terakhir direalisasikan yakni untuk pihak pengamanan (TNI) senilai Rp 1,5 miliar.*SOF

Tinggalkan Komentar