Rangkaian Peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia Ke-77, Pemkab Banggai Gelar Upacara Penurunan Bendera

Wabup Banggai saat menjadi Irup Penurunan Bendera Merah Putih di Alun-Alun Bumi Mutiara Luwuk, Rabu (17/8/2022). (FOTO: TIM LIPUTAN DKISP)

BANGGAINEWS.COM- Upacara Penurunan Bendera Merah Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai berlangsung khidmat.

Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Furqanudin Masulili bertindak sebagai Inspektur pada upacara yang digelar di Alun-Alun Bumi Mutiara, Kelurahan Keraton, Kecamatan Luwuk, pada Rabu sore (17/8/2022).

Kemudian Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, Wakil Ketua I DPRD Banggai, Batia Sisila Hadjar, Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah, Ir. Abdullah Ali, M.Si dan para Pimpinan Perangkat Daerah duduk sebagai tamu undangan di tribun kehormatan.

Upacara Penurunan Bendera merupakan agenda ke 3 rangkaian acara seremonial peringatan HUT RI, setelah pagi tadi dan kemarin (16/8/22), Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan selesai dilaksanakan.

BACA JUGA:   Puluhan Murid TK Kemala Bhayangkari Sambangi Satlantas Polres Banggai
Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Alun-Alun Bumi Mutiara Luwuk, Rabu (17/8/2022). (FOTO: TIM LIPUTAN DKISP)

Dua Personil Polres Banggai menjadi nahkoda jalannya upacara tersebut. Pertama, AKP Moh. Asdar SH dipercayakan sebagai pemimpin upacara, dan Ipda Herman Yoseph., SH., MH diberi tanggung jawab sebagai Komandan Paski.

Berjalan beriringan bersama Ipda Herman, Pelajar-Pelajar terbaik Kabupaten Banggai yang tergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Banggai Tahun 2022 melakukan prosesi Penurunan Bendera dengan sangat baik.

Di posisi pembawa baki, Siswi SMA Negeri 3 Luwuk, Sely Ayu Saraswati menjalankan tugasnya dengan anggun dan gagah, sementara penurunan Sang Saka dilakukan oleh 3 Anggota Paskibraka yang berasal dari SMA Negeri 1 Luwuk, Moh. Wirayudha Lahabu, SMA Negeri 3 Luwuk, Moh. Hendro Dwi Saputro, dan Siswa SMA Negeri 3 Bunta, I Kadek Juni Putra.

Upacara diawali dengan parade lagu-lagu perjuangan yang dinyanyikan barisan siswa-siswi SDN Pembina, SDN 3, SDN 4, SDN 5, SMPN 3 dan SMPN 2 Luwuk, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada 83 Kepala Desa di Kabupaten Banggai yang melunasi pajak bumi dan bangunan sebelum jatuh tempo.

BACA JUGA:   Wisuda LP3 GMC 2021-2022, Kadisdik Banggai: Persiapkan Diri Aplikasikan Ilmu yang Telah Dipelajari Dalam Kehidupan Masyarakat

Upacara dipandu oleh Muhlis Pampawa SH., MH bersama jajaran staf Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah (Sekda) Banggai, dan sebagai tambahan, kegiatan tersebut disiarkan live streaming oleh Tim dari Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Banggai lewat kanal youtube mereka.

(RED/*)

Dapatkan informasi lainnya di Googlenews, klik: Banggai News

%d blogger menyukai ini: