Realisasi DD Tahun 2020 di Kabupaten Banggai Telah 100 Persen

BANGGAINEWS.COM- Progres realisasi keuangan desa (keudes) khususnya Dana Desa (DD) tahun anggaran 2020 untuk total 291 desa se Kabupaten Banggai, kini persentasenya telah 100 persen.

Hal itu disampaikan Kepala Seksi Administrasi dan Sistem Informasi Desa, Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa DPMD Banggai, Adrianto saat dikonfirmasi kembali, Jumat (27/11/2020).

“Sejak tanggal 3 November 2020, realisasi DD sudah 100 persen,” ujarnya.

Adapun desa yang terakhir direalisasikan DD nya, Adri ia biasa disapa menjelaskan, ada terdapat empat desa. Yakni Desa Baya Kecamatan Luwuk Timur, Desa Obo Balingara Kecamatan Nuhon, Desa Trans Mayayap Kecamatan Bualemo, dan Desa Dongkalan Kecamatan Pagimana.

Sementara itu untuk Alokasi Dana Desa (ADD) dan Bagi Hasil Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD), sambungnya, tinggal menyisahkan dua desa. Yakni Desa Toiba, dan Desa Dimpalon Baru.

“Saat ini posisinya sudah dimasukkan ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Sehingga, tinggal menunggu selesainya proses di BPKAD. Khususnya untuk Desa Toiba. Sementara untuk Desa Dimpalon Baru, masih melengkapi persyaratan penyalurannya. Seperti laporan realisasi sementer pertama dan SPP,” terang Adri, Jumat sore pekan kemarin.

Saat disinggung pasca sudah selesainya seluruh proses administrasi pencairan Keudes, lantas kini tugas apa lagi yang sedang pihaknya persiapkan? Kata dia, pihaknya saat ini antara lain fokus pada penganggaran Anggaran pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun anggaran 2021 nanti.

“Kalau terkait Monev, hal itu dilaksanakan ketika sudah berakhir tahun anggaran atau tepatnya di awal tahun anggaran baru berikutnya. Yaitu sekaitan dengan pelaksanaan APBDes tahun 2020. Akan tetapi, tergantung nanti kalau pagu anggarannya tersedia untuk itu,” tutupnya kepada awak media ini. (SOF/*)

Tinggalkan Komentar